Sukses

Suzuki Ertiga Jalani Uji Tabrak, Ini Hasilnya

Liputan6.com, Jakarta - Suzuki Ertiga generasi ke-2 mengantongi 3 bintang usai menjalani uji tabrak yang diselenggarakan Global NCAP di bawah kampanye #SaferCarsForIndia. Menjadi MPV terlaris kedua di negeri Bollywood pada September 2019, mobil 7-seater itu diketahui memiliki beberapa fitur keselamatan.

Seperti dilansir Motorbeam, Jumat (1/10/2019), mobil pabrikan otomotif Jepang disematkan airbag ganda, ABS dan pengingat sabuk pengaman depan. Karena itu, Suzuki Ertiga mendapat 3 bintang untuk perlindungan penghuni dewasa dan anak-anak.

Terkait penilaian, Global NCAP menyebut mobil memiliki batas tidak stabil, namun perlindungan kepala dan leher untuk penumpang dewasa cukup baik.

Selain itu, perlindungan dada penumpang depan juga dinilai baik, meski untuk pengemudi berpotensi memberikan cedera ringan.

Tes juga mencatat, sabuk pengaman pre-tensioner gagal berfungsi dengan baik. Area footwell dinilai tidak stabil dan perpindahan pedal menunjukkan risiko pada kaki bagian bawah pengemudi.

Khusus perlindungan untuk penumpang anak-anak, bagian kepala dan dada dinilai buruk untuk balita berusia 18 bulan.

Sedangkan anak berusia 3 tahun, perlindungannya cukup bagus. Tidak adanya sabuk pengaman, 3 poin juga diberikan untuk kursi tengah baris kedua.

2 dari 2 halaman

Bermesin Diesel, Ini yang Diunggulkan Suzuki Ertiga Tour M

Maruti Suzuki meluncurkan Ertiga Tour M. Model ini sendiri merupakan line up khusus ditujukan untuk konsumen fleet di India. Sebelumnya, sudah ada versi bermesin bensin dan CNG, yang populer di kalangan pembeli fleet atau taksi.

Nah, menyesuaikan dengan varian ritel, Ertiga Tour M kini juga mendapatkan opsi mesin diesel 1.500 cc. Ekstraksi daya jantung DDiS 225 ini mencapai 95 hp berikut momen puntir 225 Nm.

Berbeda dari model lainnya, ia dipadukan dengan transmisi manual 6-percepatan. Sebagai model armada dan taksi, kecepatan maksimum dibatasi pada 80 kpj.

Unit diesel DDiS 225 memang cocok untuk memenuhi kebutuhan pasar armada. Pasalnya, powerplant diesel yang mereka kembangkan tergolong irit. Setiap satu liter BBM diklaim mampu mencapai 24,2 kilometer.

Juga digadang-gadang sebagai salah satu diesel terhalus di kelasnya. Kendati demikian, motor penggerak ini masih berstatus emisi BS4. Belum memenuhi regulasi BS6 di India.

Walau diperuntukkan sebagai armada taksi, secara fitur ternyata tidak dibuat terlalu standar.

Sisi eksterior mendapatkan grille krom, headlamp proyektor halogen, lampu belakang LED serta dop plastik. Selain itu, kelir spion elektrik dan handle pintu dicat senada bodi.

Loading
Artikel Selanjutnya
Suzuki Segarkan Interior All New Ertiga Tanpa Seremoni
Artikel Selanjutnya
Perubahan Tarif BBN-KB Tak Pengaruhi Harga Jual Mobil Suzuki