Sukses

Setelah Tiguan, Model Volkswagen Lain Akan Dirakit di Indonesia?

SUV terbaru Volkswagen, yaitu Tiguan Allspace secara resmi telah diproduksi di Indonesia. Perakitan Tiguan Allspace dilakukan di fasilitas produksi di Cikampek, Jawa Barat, melalui anak perusahaan Indomobil lainnya, yaitu, PT National Assemblers.

Liputan6.com, Jakarta - SUV terbaru Volkswagen, yaitu Tiguan Allspace secara resmi telah diproduksi di Indonesia. Perakitan Tiguan Allspace dilakukan di fasilitas produksi di Cikampek, Jawa Barat, melalui anak perusahaan Indomobil lainnya, yaitu, PT National Assemblers. Nantinya penerima unit Tiguan Allspace di Indonesia berasal dari pabrik ini.

Setelah Tiguan Allspace, PT Garuda Mataram Motor (APM Volkswagen dan Audi di Indonesia) menyatakan pabrik mereka di Cikampek juga disiapkan untuk memproduksi model-model lainnya. Artinya kapasitas produksi 6.000 unit setahun untuk Tiguan Allspace dapat ditingkatkan lagi untuk model lain.

"(Produksinya) akan bertambah, 6.000 Tiguan dulu, tapi bisa ditingkatkan. Saya tidak bisa bicara dulu tipe apa lagi yang bisa di-assembling. Kapasitasnya cukup besar, sehingga juga akan kita siapkan untuk model-model lain. Modelnya apa saja? Kita lihat nanti," kata Jonas Cendhana, Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor.

Sebenarnya sejak menjadi agen pemegang merek dan importir dari mobil penumpang merek Volkswagen tahun 2008, PT Garuda Mataram Motor telah memproduksi secara SKD (Semi Knocked Down) di Indonesia, seperti VW Touran dan VW Golf.

Tahun 2019 merupakan debut pertama kali Volkswagen diproduksi secara MKD (medium knocked down) di Indonesia dengan fokus pada satu model, yaitu VW Tiguan Allspace LWB (Long Wheel Base).

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp 5 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com di tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Harga Jadi Lebih Murah

Dengan diproduksi di Cikampek diharapkan harga VW yang dijual di Indonesia menjadi lebih murah dan dapat bersaing dengan merek lain. ?Kami sengaja memproduksi Volkswagen di Indonesia sehingga lebih banyak orang dapat memiliki mobil merek Volkswagen karena dengan diproduksi di Indonesia harga menjadi lebih kompetitif,? kata Andrew Nasuri, Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor.

Saat ini VW memasarkan sejumlah model di Indonesia, termurah adalah Polo, yang dijual Rp265 - Rp308 juta. Sedangkan termahal yang dijual di Indonesia adalah VW Caravelle yang dibanderol Rp1,72 - Rp1,84 miliar.

Lalu Volkswagen Golf Rp600 juta, Scirocco Rp590 - Rp880 juta, Tiguan Rp630 - Rp650 juta, dan terbaru Tiguan Allspace Rp598 Juta.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.