Sukses

AC Bikin Mobil Boros Bahan Bakar, Benarkah?

Pendingin udara alias AC tentu memberikan rasa nyaman bagi pengendara dan penumpang di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menjadi salah satu hal penting pada mobil, pendingin udara alias AC tentu memberikan rasa nyaman bagi pengendara dan penumpang di Indonesia. Kondisi cuaca yang panas di siang hari menjadi alasan AC sangat penting bagi kendaraan roda empat.

Namun, menyalakan AC disebut-sebut berkontribusi pada konsumsi bahan bakar. Benarkah demikian?

Seperti dilansir Suzuki Indonesia, AC memang berperan pada konsumsi bahan bakar apabila mengaturnya pada suhu paling dingin (rendah) dalam jangka waktu yang lama.

Pasalnya, saat temperatur diatur di suhu yang paling dingin, AC akan terus berusaha bekerja keras untuk bisa mencapai suhu tersebut.

Kinerja AC juga dibebankan pada mesin, dan hal ini sudah pasti membuat konsumsi mesin terhadap bahan bakar menjadi lebih banyak.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Hemat Bahan Bakar Meski Menggunakan AC

Meski demikian, ada beberapa cara agar bahan bakar tetap hemat meski menggunakan AC, berikut tipsnya:

1. Kalau temperatur di dalam kabin mobil sudah terasa terlalu dingin, segera naikkan temperatur

2. Jika udara di luar cukup sejuk (seperti saat pagi hari, malam hari atau Anda sedang berada di wilayah pegunungan yang sejuk), matikan AC dan buka kaca mobil

3. Saat cuaca panas, parkirlah mobil di tempat yang teduh, agar AC tidak akan bekerja terlalu berat saat hendak digunakan kembali

4. Saat masuk ke mobil, bukalah semua kaca untuk mengeluarkan udara panas dari kabin dengan cepat

5. Jangan paksakan diri untuk tetap menggunakan AC dalam temperatur rendah, terlebih jika kalau tangki bensin mobil hampir kosong.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.