Sukses

Keren, Ban Ini Bisa Atur Tekanan Angin Sendiri

Perusahaan ban asal Jerman tersebut meluncurkan produk inovatif yaitu ban pintar.

Liputan6.com, Jakarta - Frankfurt Motor Show 2019 merupakan ajang bagi para produsen otomotif yang ingin memperkenalkan produk terbarunya. Dibuka untuk publik mulai 14 hingga 22 September 2019, pengunjung bisa melihat langsung beragam mobil mutakhir seperti Posche Taycan, Lamborghini Sian, Honda e, dan lain sebagainya.

Namun, tidak hanya mobil, berbagai perusahaan komponen juga turut hadir untuk unjuk gigi, salah satunya adalah Continental. Perusahaan spare part asal Jerman tersebut meluncurkan produk inovatif yaitu ban pintar.

Ban pintar milik Continental ini mampu untuk memonitor kondisi ban serta secara otomatis mengatur tekanan ban selama perjalanan.

Dilansir motor1, tekanan angin yang kurang berpengaruh pada penururan efektivitas bahan bakar hingga 2,8 persen. Beberapa sumber turut mengatakan bahwa 25 persen mobil yang berada di jalan tidak memiliki tekanan ban yang sesuai.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, ban pintar milik Continental memiliki kemampuan untuk memonitor beberapa parameter kondisi ban, salah satunya tekanan angin.

Teknologi ini memiliki julukan C.A.R.E yang merupakan singkatan dari Connected, Autonomous, Reliable, Electrified.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menggunakan Pompa Sentrifugal

Pompa sentrifugal yang terdapat dalam ban digunakan untuk mengatur tekanan angin. Pompa tersebut menggunakan energi dari putaran ban untuk meningkatkan tekanan angin dan menjaga ban tetap berada pada kondisi ideal.

Menggunakan teknologi PressureBoost, ban ini mampu menyesuaikan tekanan dengan berbagai kondisi berkendara.

Continental mengatakan bahwa ban yang sudah terhubung dengan teknologi ini dapat meningkatkan kemampuan dan efisiensi kendaraan.

Penulis: Khema Aryaputra

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.