Sukses

Berbalut Kamuflase, Kembaran Nissan X-Trail Berkeliaran di Jalanan

Liputan6.com, Michigan - Sebuah mobil berbalut kamuflase nampak berkeliaran di jalanan Farmington Hills, Michigan, Amerika Serikat. Beberapa media lokal meyakini mobil itu adalah Nissan Rogue yang tak lain nama lain X-Trail di pasar Amerika Serikat dan Kanada.

Desain kotak nan gagah kembali lagi. Mengingatkan X-Trail generasi pertama (T30) dan kedua (T31). Inspirasinya mendekati model konsep Nissan Xmotion yang tampil di NAIAS 2018.

SUV tiga baris kursi, yang dikatakan menganut bahasa desain terbaru mulai 2020. Meski tidak dapat terlihat jelas akibat kamuflase berat, bahkan sulit membaca desain wajah maupun buritannya.

Semua masih dalam tahap menebak-nebak. Kemiripan dengan Xmotion memang tampak. Bila jeli memperhatikan garis muka yang menyembul, malah menyerupai bahasa Dynamic Shield milik Mitsubishi.

Tak bisa dipungkiri, konsep Xmotion pun begitu adanya. Grille berukuran ekstrabesar menempatkan logo Nissan tepat di tengahnya. Desain terkini V-Motion masih cukup mempengaruhi. Guratannya terjiplak mengelilingi grille.

Jelas nampak headlamp terpisah dua bagian, macam kebanyakan desain masa kini. Seperti halnya Dynamic Shield di Mitsubishi Xpander, lampu atas kemungkinan hanya Daytime Running Light (DRL) atau positioning lamp.

Sedang lampu utama terletak di tengah. Merujuk desain Xmotion, lampu kemungkinan juga bergaya pipih horizontal. Jika memperhatikan foto mata-mata, desain Rogue terbaru kemungkinan tak mengejutkan.

 

2 dari 2 halaman

Perkiraan Mesin

Sisi samping tergurat garis bahu tebal hingga belakang. Pilar D pun tertutup rapat, sepertinya menyembunyikan efek floating roof. Kaca di pilar tersimak lebih besar dari Rogue maupun X-Trail model sekarang.

Proporsinya jelas membentuk konfigurasi 7-seater. Bagian bokong sulit ditebak, tapi terkesan biasa saja. Lampunya membujur horizontal dan spoiler kecil tergantung di atas kaca.

Bodi keseluruhan terlihat bertambah besar. Apa mungkin ini versi lain dari Rogue atau X-Trail kelak? Bisa saja, seperti Hyundai yang memisahkan Santa Fe dan Grand Santa Fe.

Belum diketahui juga mesin apa yang digunakan. Bisa jadi peningkatan pada mesin 4-silinder 2,5-liter seperti Altima 2019, yang dayanya naik menjadi 188 hp dan torsi 244 Nm.

Atau pakai mesin lebih bertenaga lain milik Altima, 4-silinder 2,0-liter turbo yang dilengkapi teknologi kompresi variabel. Tenaganya sebesar 248 hp dengan torsi 380 Nm. Penggerak hybrid juga tak menutup kemungkinan melanjutkan varian ramah lingkungan.

Diprediksi, Rogue atau X-Trail terbaru debut tahun depan untuk model 2021. Momen yang tepat mengingat model sekarang sudah beredar sejak 2014.

Di Indonesia pun sudah tergolong uzur. Karena dari awal X-Trail T32 meluncur, belum pernah mendapat penyegaran berarti hingga sekarang. Bahkan model faceliftnya belum kunjung diluncurkan.

Sumber: Oto.com

Loading