Sukses

Detail Lengkap Hyundai Grand i10 Terbaru

Model terbaru Hyundai Grand i10 bisa menjadi pilihan bagi konsumen muda. Berikut detail lengkapnya.

Liputan6.com, Jakarta - Model terbaru Hyundai Grand i10 bisa menjadi pilihan bagi konsumen muda. City car asal Korea Selatan ini memiliki fitur cukup lengkap dan desain yang menggugah.

Ada dua varian yang ditawarkan: GLX dan X. Lantas apa perbedaan keduanya? Berikut detailnya:

Grand i10 GLX

Varian ini punya dua tipe transmisi. Manual yang dibanderol Rp 181 juta dan otomatis shiftronic Rp 204 juta (OTR Jadetabek). Menjadi pilihan paling dasar, Grand i10 GLX punya beragam fitur yang mumpuni.

Cukup mungil, mobil ini berdimensi 3.765 x 1.660 x 1.655 mm (PxLxT) dengan wheelbase 2.415 mm dan ground clearance 152 mm. Sebagai city car, tampilannya trendy dengan banyak aksen membulat pada bodi. Grand i10 GLX disuguhkan dalam pilihan kelir: perak, merah, oranye, abu-abu dan hitam.

Penerangannya memakai multi proyektor dengan bohlam halogen. Perangkat ini dipadukan fog lamp, agar semakin jelas dan daytime running light (DRL) untuk memberikan informasi posisi Grand i10 kepada pengemudi lain.

Wajah depannya tetap didominasi grille dengan pola honeycomb (sarang lebah). Spion sampingnya dapat diatur arahnya secara otomatis melalui tombol di dalam kabin.

Kaki-kakinya dibekali pelek 14 inci alloy dua warna, dark grey dengan diamond cut polished. Ini dibalut ban berukuran 165/65. Sementara sistem penghela lajunya mempercayakan model cakram untuk depan dan teromol di belakang.

Memasuki kabin, kesan sporty ditonjolkan. Kemudi yang terbungkus material poliuretana dengan tombol pengatur multi information display dipasangkan. Perangkat ini bisa disetel naik-turun karena punya fungsi tilt.

Bahan kain yang dikombinasukan vinil diterapkan pada seluruh jok. Headrest dibuat menyatu dengan jok pada seluruh baris. Namun, pengemudi dan penumpang depan punya sliding dan reclining.

Sedangkan di belakang tidak ada, hanya bisa dilipat untuk memperbesar kapasitas bagasi. Ruang penyimpanan juga tersebar cukup banyak: kantung peta, glove box dan lima cupholder.

Pengguna juga tak perlu repot memasukkan barang ke ruang belakang saat malam hari, karena terdapat lampu (luggage lamp).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fitur-Fitur

Fitur pendukung kenyamanan pengemudi dan penumpang meliputi power outlet di konsol tengah, keyless entry dengan remote dan alarm. Pengontrol pendingin kabinnya masih memakai model kenop.

Tetapi jumlah lubang pengantar udaranya tak hanya tersedia untuk pengemudi dan penumpang depan, juga baris belakang. Posisinya di tengah-bawah, tepat di belakang tuas rem tangan.

Head unit 2DIN yang dapat memutar radio, CD, MP3 dan punya koneksi USB diaplikasikan. Ini dipadukan 4 speaker di sisi pintu depan dan belakang. Keamanannya juga mantap, lantaran ada airbag untuk pengemudi dan pengunci pintu otomatis (speed sensing auto lock) yang aktif ketika mobil mencapai kecepatan 20 km per jam.

Jantung mekanis Kappa 1.245 cc DOHC, Dual CVVT yang mampu menghasilkan tenaga puncak 87 PS di 6.000 rpm. Torsi maksimalnya sebesar 119 Nm pada putaran 4.000 rpm.

Keseluruhan tenaga disalurkan ke pemindah gigi manual 5-speed atau shiftronic 4-speed. Keunggulan transmisi otomatis Grand i10, memiliki mode manual yang tentunya meningkatkan keseruan bagi pengemudi.

 

3 dari 3 halaman

Grand i10 X

Sama dengan varian GLX, tipe ini mempunyai dua pilihan transmisi, manual seharga Rp 186 juta dan AT shiftronic Rp 209 juta (OTR Jadetabek).

Dibanderol lebih mahal, Grand i10 X ini punya perbedaan dari segi komponen dan aksesori yang dibenamkan. Tak ada perbedaan dari segi performa dapur pacu.

Disediakan dalam pilihan warna putih, perak, hitam dan merah. Ujud luarnya dibuat lebih sporty. Hyundai memberikan sedikit aksen merah pada sisi samping dan depan.

Yang paling mencolok, adanya lower protector bumper dengan skid plate depan dan belakang, side rocker shield, wheel arch molding (fender) depan dan belakang dan spoiler belakang yang dilengkapi hight mount stop lamp. Bumper belakangnya terselipkan detail berupa kromium pada dua lubang untuk saluran pembuangan gas.

Dimensi X sama seperti GLX. Tapi jarak terendah dengan tanahnya lebih tinggi 15 mm, menjadi 167 mm. Ini dapat tercapai berkat pemilihan pelek 16 inci. Desainnya modern dengan two tone, gloss black dengan spoke polished.

Komponen ini dibungkus ban berspesifikasi 185/50. Kemudian pada kabinnya yang berbeda adalah kemudi. Alat penggerak arah roda itu dibalut kulit dan diberikan ornamen bezel perak. 

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.