Sukses

Setelah Mudik, Ini Penyegaran yang Harus Dilakukan pada Mobil

Setelah melakukan perjalanan mudik, pemilik kendaraan harus tetap menjaga performa mobil. Hal ini berkaitan dengan perjalanan jauh yang telah dilakukan. Terlebih bila mobil terjebak macet selama berjam-jam.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah melakukan perjalanan mudik, pemilik kendaraan harus tetap menjaga performa mobil. Hal ini berkaitan dengan perjalanan jauh yang telah dilakukan. Terlebih bila mobil terjebak macet selama berjam-jam.

Lalu apa saja yang harus diperiksa? Seperti disebutkan pada situs Mitsubishi Indonesia, berikut komponen mobil yang harus diperiksa.

1. Pelumas atau Oli

Meski sebelum pergi mudik sudah dilakukan pergantian oli, pemilik kendaraan sebaiknya tetap dilakukan pengecekan apakah terdapat kebocoran atau tidak. Coba lihat melalu dipstick, dan setelah itu lihat apakah bagian di sekitar mesin ada yang basah akibat rembesan oli atau tidak.

2. Filter Bahan Bakar

Khusus bagi kendaraan bermesin diesel, sebaiknya memeriksa juga filter bahan bakarnya. Penggunaan bahan bakar selama mudik dengan berbagai kondisi membuat filter bahan bakar ini rentan kotor. Penggantian filter secara rutin juga meminimalisir kotoran masuk ke dalam proses pembakaran.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kaki-Kaki

Beragam kondisi jalan membuat bagian ini rentan terpengaruh dan membutuhkan pemeriksaan menyeluruh. Pemeriksaan kaki-kaki cukup mudah. Bagian shockbreaker misalnya, pemilik cukup melihat dan meraba bagian tabung. Jika ada rembesan oli bisa jadi piranti mengalami kerusakan.

Bagian kaki-kaki juga termasuk kondisi ban. Setelah pemakaian mudik cek kondisi tekanan ban, juga tidak lupa melihat Tread Wear Indicator (TWI) berupa segitiga untuk melihat tingkat keausan ban.

4. Rem

Untuk bagian ini, coba cek ketebalan kampas rem. Sebab, kondisi perjalanan mudik yang beragam juga memaksa rem bekerja keras.

5. Bagian dalam Mobil

Selama perjalanan kabin mobil menjadi seperti rumah kedua. Untuk itu pasti banyak sisa-sisa makanan di dalam kabin, jika dibiarkan kotoran ini akan menjadi kuman penyakit. Untuk itu sebaiknya bersihkan kabin mobil secara menyeluruh menggunakan vacuum cleaner.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.