Sukses

Serba-serbi Pengendara Motor di Kota Besar yang Bikin Gemas

Liputan6.com, Jakarta - Di Indonesia, pengguna sepeda motor sudah sedemikian besar. Kendaraan roda dua ini menjadi moda transportasi andalan karena praktis, hemat dan cepat.

Sayangnya, tak sedikit pengendara motor yang melaju semaunya sendiri. Terlebih di jalanan kota-kota besar di Indonesia.

Menurut laman Wahana Honda, aturan pun kerap dilanggar. Mulai pelanggaran kecil hingga yang membahayakan bisa terjadi di jalanan kota metropolitan.

Seringnya, kelakuan semau sendiri dari para pemotor itu bikin kesal pengendara lain. Baik pengendara mobil, bahkan sesama sepeda motor. Berikut kelakuan yang sering dilakukan pengendara motor yang bikin kesal.

1. Sein Kiri Belok kanan

Tak hanya emak-emak sebenarnya yang pantas diberi predikat ini. Banyak juga yang mbak-mbak, mas-mas, atau bapak-bapak yang berlaku demikian. Hanya saja, seringan memang emak-emak sih Otolovers.

2. Lawan Arus

Pengendara motor di kota besar itu bisa disebut individualis, tak peduli dengan pengendara lain. Maka dari itu kadang hal seperti ini dianggap sudah biasa dan wajar.

3. Tak Peduli Lampu Lalu Lintas

Tanpa keberadaan polisi, apalah arti sebuah lampu lalu lintas. Para pengguna motor seolah menganggap lampu lalu lintas sebagai aba-aba tancap gas. Tak sedikit dari mereka yang berhenti di depan garis batas. Bahkan meski sudah berwarna merah, tak sedikit yang nyelonong saja.

 

2 dari 3 halaman

Berikutnya

4. Si Tukang Klakson

Meminta jalan saat berkendara dengan membunyikan klakson, memang wajar. Tapi jika terus-terusan bisa mengganggu pengendara lain. Apalagi jika kondisi lalu lintas yang sedang padat.

5. Knalpot Berisik

Dalam Undang-Undang sudah dijelaskan bahwa memodifikasi knalpot tidak diizinkan. Tapi masih ada saja yang melanggar. Bahkan posisi lubang knalpot biasa menghadap ke wajah pengendara lain.

6. Cabe-Cabean

Fenomena cabe-cabean atau gadis-gadis remaja yang kerap berbonceng tiga saat naik motor sering sekali terlihat. Bahkan beberapa kali menjadi viral. Cuma polisi yang bisa menindak para cabe-cabean.

 

3 dari 3 halaman

Berikutnya

7. Lampu Overbright

Tren lampu HID memang masih naik daun. Terlebih banyak yang memodifikasinya. Namun sayang, hasilanya kelewat silau untuk dipakai. Jelas saja, HID pada dasarnya diperuntukkan bagi mobil.

8. Melaju Pelan di Tengah Jalan

Harusnya semakin ke kanan lajur jalan, maka kendaraan harus semakin cepat. Tapi biasanya tak sedikit pengendara yang berada di lajur kanan tapi kecepatan rendah.

9. Asyik Ngobrol di Tengah Jalan

Kalau ada dua motor yang melaju beriringan dan asyik ngobrol, jangan sungkan untuk mengklakson ya Otolovers. Tidak masalah kalau mau menegur.

Sumber: Otosia.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Pengendara Motor di Bawah Umur Makin Marak, Ini yang Harus Dilakukan
Artikel Selanjutnya
Ini 6 Rambu Lalu Lintas yang Sering Dilanggar