Sukses

Sistem Satu Arah Dinilai Efektif Urai Kemacetan Saat Mudik Lebaran, Ini Alasannya

Saat arus mudik dan balik lebaran, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal merepakan sistem satu arah atau one way di jalan tol Trans Jawa

Liputan6.com, Jakarta - Saat arus mudik dan balik Lebaran, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal menerapkan sistem satu arah atau one way di jalan tol Trans Jawa. Dengan strategi ini, diyakini dapat mengurai kemacetan yang biasanya terjadi di ruas jalan bebas hambatan tersebut.

Seperti dijelaskan Pemerhati Masalah Transportasi, Budiyanto, kemacetan merupakan salah satu permasalahan lalu lintas yang sampai sekarang belum terselesaikan dengan baik.

"Banyak variabel yang melatarbelakangi mengapa masalah kemacetan lalu lintas seakan-akan menjadi pemandangan sehari-hari yang menjengkelkan, menjenuhkan, dan dapat menimbulkan frustasi dan stress karena capai dan lelah," jelas Budiyanto kepada Liputan6.com, melalu pesan elektronik, Senin (13/5/2019).

Sementara itu, berbicara soal libur lebaran maka tidak terlepas dari kegiatan mudik ke kampung halaman. Hal ini, bisa menjadi momentum yang bagus bagi para pemangku kepentingan yang bertanggung jawab di bidang lalu lintas dan angkutan jalan, untuk menunjukkan tanggung jawab sebagai pelayan masyarakat dalam melakukan upaya menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas yang dinamis dan kondusif, sehingga masyarakat yang mudik terlayani dengan baik.

Diutarakan lebih jauh, jika melihat data Kemenhub, masyarakat yang akan mudik di seluruh wilayah Jabodetabek, kurang lebih 14,6 juta orang. Dengan tujuan paling banyak Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat.

"Saya kira yang paling efektif dengan cara pengaturan lalu lintas One way ( sistem satu arah ) dengan melihat situasi dan kondisi di lapangan. Sistem ini, merupakan pola manajemen yang dilakukan dengan cara mengubah jalan dua arah, menjadi satu arah dalam rangka untuk meningkatkan keselamatan ,kelancaran lalu lintas yang dapat dilakukan dengan cepat dan biaya murah," tegasn Budiyanto.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Efek samping

Dibandingkan dengan melebarkan jalan atau membangun jalan baru, pertimbangan lain one way adalah kapasitas ruas jalan dan kapasitas persimpangan bertambah, peningkatan keselamatan karena konflik kendaraan berkurang, konfigurasi parkir dapat diakses di kiri serta kanan, dan pengawasan lebih mudah.

Selain dapat mengurai kemacetan, sistem satu arah ini tentu saja menimbulkan efek samping lalu lintas.

Seperti contoh, sebagian kendaraan mengalami jarak tempuh yang panjang, perlu perubahan ataupun pengaturan alat pengatur lalu lintas, perlu penyesuaian rute angkutan umum, dan masyarakat penggunanya termasuk antisipasi jalan alternatif.

"Faktor lain yang tidak kalah penting apabila One way akan diberlakukan ,adalah masalah sosialisasi, dan penyiapan rambu-rambu lalu lintas dan kesiapan petugas," tutupnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.