Sukses

Jangan Bingung Lagi, Berikut Tips Beli Mobil Buat Mudik Lebaran

Liputan6.com, Jakarta - Membeli mobil jelang musim mudik Lebaran seperti sudah menjadi tradisi tersendiri bagi masyarakat Indonesia. Pasalnya, kendaraan ini bakal menjadi alat transportasi untuk menuju kampung halaman, bersilaturahmi bersama keluarga dan orang-orang terdekat.

Namun, bagi sebagian besar orang, memilih mobil yang tepat bukanlah perkara mudah. Hal ini, tentunya berhubungan dengan dengan kebutuhan dan karakteristik pribadi masing-masing konsumen.

Lantas bagaimana cara menentukan mobil yang pas untuk Anda?

Sebetulnya hanya diperlukan sedikit riset dan perencanaan sederhana, dan jangan terburu-buru saat menentukan pilihan mobil idaman.

Hal yang perlu dilakukan adalah meraba kebutuhan dan citra diri Anda tak hanya saat ini, namun juga setidaknya untuk beberapa tahun ke depan atau mungkin untuk selamanya.

Berikut, tips memilih mobil baru seperti disitat dari laman resmi Chevrolet Indonesia:

1) Pastikan Jenis Mobil Yang Anda Butuhkan

Hal pertama yang penting untuk dilakukan, adalah memilih model mobil yang dibutuhkan. Jenis dan model mobil yang dipilih haruslah sesuai dengan kebutuhan.

Misalkan mobil yang cocok untuk keluarga, maka mobil dengan kabin yang luas menjadi pilihan yang terbaik. Jika ingin memiliki mobil yang lincah untuk bermanuver di dalam kota, maka city car yang irit bahan bakar cocok untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Terlebih lagi, jika si calon konsumen merupakan yang gemar menantang adrenalin Anda di jalur offroad, dapat memilih truk pikap yang tangguh dalam menaklukkan medan jalanan dimanapun berada.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

2) Tentukan Anggaran

Membeli mobil sesuai kemampuan finansial menjadi hal terpenting lainnya. Jika ingin menjual mobil sebelumnya, maka carilah penawar kendaraan terbaik untuk mendapatkan modal kendaraan baru yang maksimal.

Oleh karena itu, sebelum menentukan jenis mobil, tentukan dulu berapa anggaran yang Anda miliki dan target anggaran kendaraan baru.

3) Beli Secara Tunai atau Kredit

Pembelian mobil secara tunai selalu merupakan pilihan yang optimal karena biasanya kendaraan memiliki depresiasi (penyusutan) harga per tahun, sedangkan pinjaman ada biaya bunga.

Sebelum membayar booking fee, ada baiknya calon konsumen bernegosiasi dengan pihak sales atau marketing yang melayani, agar bisa memanfaatkan promo ataupun diskon menarik.

Jangan ragu untuk meminta promo ataupun diskon, karena pada dasarnya hal tersebut merupakan hak yang harus diberikan ke konsumen.

Jika mobil yang diinginkan sudah tersedia (ready stock), bisa langsung membayar seluruh harga mobil tersebut di dealer resmi.

Sedangkan saat harus mengambil kredit, pastikan punya dana awal minimal 25 persen sampai 30 persen dari harga mobil. Cicilan pinjaman mobil juga batasi hanya sebesar 30 persen dari gaji bulanan.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

4) Lakukan Test-Drive

Mobil merupakan barang konsumsi yang akan dipergunakan dalam jangka panjang. Itu sebabnya, usahakan untuk melakukan test drive agar benar-benar mendapatkan informasi, dan kesan serta pengalaman yang menyeluruh sebelum menentukan pilihan mobil.

5) Kunjungi Beberapa Diler dan Pameran Mobil

Setiap diler memiliki mekanisme diskon yang berbeda. Setelah menentukan mobil yang akan dibeli, mintalah tambahan bonus terbaik dari pihak diler seperti gratis aksesori mobil, gratis kaca film, dan lainnya.

6) Perhatikan Perawatan Kendaraan

Merawat mobil merupakan hal yang paling utama ketika Anda memiliki mobil impian. Selain untuk memperpanjang masa guna mobil, merawat mobil juga diperlukan untuk memastikan agar selalu nyaman ketika dikendarai.

Maka dari itu, tanyakan dalam setiap rentang berapa kilometer perawatan mobil berkala harus dilakukan dan apakah terdapat program perawatan gratis saat menentukan pilihan kendaraan.