Sukses

7 Tips Beli Mobil Baru agar Tak Menyesal Kemudian

Liputan6.com, Jakarta - Memiliki mobil merupakan impian bagi sebagian orang. Meskipun, membeli mobil kadang hanya untuk gaya hidup dan status sosial belaka, atau memang karena kebutuhan mobilitas sehari-hari.

Namun, seringkali saat hendak membeli mobil, banyak pertimbangan yang dirasakan oleh calon konsumen, entah itu model yang tepat, waktu yang tepat, atau harga yang memang cocok dan masuk di kantong.

"Banyak pelanggan yang memerlukan informasi tentang bagaimana mereka memilih kendaraan yang sesuai kebutuhan. Mencari informasi melalui berbagai sumber, termasuk media online. Tetapi, hal tersebut belum dirasa cukup jika belum memperoleh informasi lengkap langsung dari sumbernya dan mencoba kendaraan-kendaraan yang dipertimbangkan," tutur Yuniadi Haksono Hartono, External Affairs & Communications Director, GM Indonesia, dalam keterangan resmi yang diterima Liputan6.com, Jumat (19/4/2019).

Berikut, 7 tips dari Chevrolet Indonesia, bagaimana memilih mobil baru yang tepat.

1) Pilih jenis kendaraan yang tepat untuk Anda

Jenis mobil apa yang paling cocok dengan kebutuhan Anda? Apakah mobil bertipe small car yang dirasa sesuai untuk mendukung kebutuhan Anda? Apakah Anda membutuhkan kendaraan bertipe SUV? Serta SUV berukuran manakah yang sesuai dengan jumlah anggota keluarga Anda?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2) Buat Daftar Checklist

Anda perlu mencatat hal-hal yang penting diperiksa ketika sesi test drive sehingga Anda dapat melakukan perbandingan head-to-head antara setiap kendaraan.

Daftar checklist ini meliputi karakteristik kendaraan seperti akselerasi, kemudi, handling, pengereman, warna eksterior yang diinginkan, kenyamanan di dalam kabin (seperti kursi, akses keluar masuk, dan ruang kargo), jarak pandang, hingga teknologi dan fitur yang tersedia.

3) Diskusikan dengan Orang Terdekat Anda

Penting untuk berdiskusi dengan keluarga atau orang terdekat mengenai kendaraan yang Anda pertimbangkan. Mereka juga mungkin mengenal seseorang yang memiliki kendaraan yang sama, dan dapat memberikan masukan dari pengalamannya.

4) Kenyamanan adalah Kunci

Dapatkah Anda masuk dan keluar kendaraan dengan mudah? Untuk SUV dengan ketinggian tertentu, apakah dilengkapi dengan side-step? Seberapa nyaman kursinya? Dapatkah Anda mengatur posisinya dengan mudah? Dapatkah Anda menyesuaikan posisi lingkar kemudi tanpa kesulitan? Seberapa luas pandangan dari dalam, ke depan, samping, serta belakang melalui kaca spion?

3 dari 3 halaman

5) Periksa Fitur-Fitur Teknologi

Dapatkah Anda dengan mudah memasangkan ponsel Anda dengan sistem infotainment bawaan? Pahamkah Anda apa kegunaan setiap tuas, tombol, dan tombol putar?

Saat mengemudi, tahukah Anda apa arti semua ikon pada tampilan driver, terutama yang berkedip? Kemungkinan ini merupakan fitur keselamatan yang belum pernah Anda temui di kendaraan Anda sebelumnya.

6) Pahami Kebutuhan Perawatannya

Pahami interval perawatan kendaraan serta cari informasi mengenai biaya perawatan yang dianjurkan sesuai buku servis.

7) Lakukan Perbandingan Harga

Bahkan jika Anda berpikir untuk mengambil keputusan tentang kendaraan, perhatikan apakah ada promosi-promosi khusus yang ditawarkan melalui event-event berskala besar, seperti IIMS yang akan berlangsung pada beberapa hari ke depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini