Sukses

BERITA TERKINI:JELANG PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID 2

Kompetitor Terdekat Nissan Livina EL, Harga Beda Tipis

Liputan6.com, Jakarta Nissan Livina terbaru langsung jadi bahan pembicaraan hangat belakangan ini. Sosoknya tak jauh berbeda seperti saudara tuannya, Mitsubishi Xpander. Namun ada sejumlah fitur yang membedakannya.

Namun begitu, tetap saja konsumen membandingkan Nissan Livina 2019 tidak hanya dengan Mitsubishi Xpander. Harga berbicara. Konsumen membandingkannya berdasarkan kelas harga. Ulasan kali ini yang disitat dari Oto.com, akan membandingkan Nissan Livina EL, varian tengah Livina. Tipe ini disodorkan dalam dua pilihan transmisi, manual Rp223 juta dan otomatis Rp233 juta (OTR Jakarta). Ada sejumlah merek lain yang budgetnya sama dengan Nissan Livina EL. Berikut beberapa opsi untuk menjadi referensi.

Mitsubishi Xpander GLS

Kembaran Nissan Livina terbaru, punya banderol lebih murah. Namun Anda harus memilih tipe transmisi manual, lantaran harganya selisih Rp400 ribu atau tepatnya Rp222,6 juta. Kalau yang transmisi otomatis lebih mahal Rp300 ribu.

Jantung mekanis tentunya sama, lantaran Nissan Livina memakai mesin milik Xpander. Ya, kedua pabrikan ini berada dalam satu aliansi. Sehingga menggunakan platform dan mekanikal sama. Adapun daya yang diproduksi sebesar 104 PS di 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. Sektor penerangan Nissan Livina didukung lampu utama dan kabut halogen, LED position lamp, fitur coming home dan welcome light. Sementara di dalam kabin terdapat head unit berspesifikasi 2DIN yang dilengkapi USB connector, CD/MP3 player dan AUX. Pada kemudi tersedia tombol fungsi untuk mengontrol audio.

Guna menambah kenyamanan, power outlet pada varian ini dijejalkan di baris pertama dan ke tiga. Perangkat keselamatan dan pendukung pengendaraan diperkuat ABS (anti-locking brake system), EBD (electronic brake distribution), ESS (emergency stop signal) dan dua kantung udara.

2 dari 5 halaman

Suzuki Ertiga GL

Suzuki Ertiga belum lama mendapat penyegaran. Ertiga tipe GL paling cocok menjadi pesaing Nissan Livina EL. Banderolnya Rp215,5 juta (manual) dan Rp226 juta (otomatis). Lebih murah dari Nissan Livina EL dengan kelengkapan mirip. Sekarang Ertiga GL sudah disematkan fog lamp sebagai fitur standar. Interiornya pun sama sederhana saja. Setir tanpa tombol audio, head unit-nya juga model 2DIN biasa.

Selain itu, keluaran tenaga mesin Eritga sedikit lebih unggul. Daya dihasilkan mesin K15B sebesar 104,7 PS di 6.000 rpm, walau torsinya lebih kecil, 138 Nm di 4.400 rpm. Kelengkapan safety tak jauh berbeda dengan Livina. Ada dual airbag, ABS dan EBD. Sayangnya kamera parkir tidak ada, tapi Suzuki sudah menyiapkan wiring harness untuk konsumen yang ingin memasang.

3 dari 5 halaman

Honda Mobilio E

Sekarang produk LMPV Honda punya value paling menarik. Di rentang harga Nissan Livina EL, ada Mobilio dengan fitur cukup lengkap. Satu hal yang pasti, Mobilio menjadi satu-satunya LMPV yang memakai CVT (continuously variable transmission). Bila dibandingkan transmisi otomatis konvensional, CVT jauh lebih halus karena menggunakan belt dan puli. Tipe E CVT harganya Rp225,5 juta. Sedangkan manualnya dipatok Rp215,5 juta.

LMPV milik Honda memiliki kekuatan utama pada dapur pacu. Tenaga yang diproduksi dari ruang silindernya, mencapai 118 PS di putaran 6.600 rpm dengan momen puntir 145 Nm pada 4.600 rpm. Menjadikannya LMPV paling bertenaga.

Ini turut diperkaya berbagai fitur, seperti audio steering switch, digital AC, head unit layar sentuh 6,2 inci yang dapat dikoneksikan dengan iPhone/iPod, hands-free telephone, memutar radio, CD/DVD, serta konektor AUX dan USB. Perangkat keselamatan Mobilio tak jauh berbeda dengan dua model di atas, minus ESS dan parking sensor. Meski begitu ada kamera parkir yang sangat membantu proses parkir. Penampilan turut baru saja di-up grade. Lampu utama sudah model proyektor, tersemat body kit sporty dan pelek baru warisan RS.

4 dari 5 halaman

Toyota Avanza 1.5 G

Toyota Avanza tipe 1.5 G adalah varian yang harganya setara dengan Nissan Livina EL. Sayangnya hanya tersedia transmisi manual 5-percepatan dengan harga Rp221,25 juta. Pembaruan Avanza dari generasi sebelumnya tak hanya meliputi rupa, tapi juga fitur. Eksteriornya direvisi dengan penggunaan lampu LED untuk penerangan depan dan stoplamp. Antena berbentuk sirip hiu dipasang di atap, memberikan kesan mewah.

Fitur interior juga lengkap, seperti power slot di baris pertama dan kedua, konektor USB di bangku paling belakang, layar sentuh (mirroring, emergency call, DVD, iPod/iPhone connectivity, USB, Bluetooth) yang didukung 6 speaker, steering switch dan digital AC. Komponen keselamatan dan kenyamanannya tak jauh berbeda dengan Xpander dan Livina. 

5 dari 5 halaman

Daihatsu Xenia 1.5 R Deluxe

Dengan dana setara Livina EL, Anda bisa mendapat Daihatsu Xenia varian tertinggi. Tipe 1.5 R Deluxe ada varian baru dengan mesin 1,5-liter persis seperti Avanza dan Veloz. Soal harga, dibanderol Rp218,05 juta untuk manual dan Rp228,95 juta pilihan otomatis. Sebagai varian tertinggi, Xenia 1.5 R Deluxe punya semua fitur yang tersedia di tipe bawahnya. Tampilan paling mewah dengan segala aksesori dan aksen krom.

Sebagai standar kelengkapan di kabin, ada tombol AC digital, AC double blower, head unit layar sentuh serta power outlet di depan dan baris kedua. Fitur keselamatan juga sudah mumpuni. Mulai dari dual SRS airbags, pengingat safety belt pengemudi dan pintu, safety belt dengan pretensioner dan force limiter, side impact beam, kunci pintu otomatis dengan sensor kecepatan, immobilizer, sensor parkir dan kamera parkir mundur, tak ketinggalan  rem dengan ABS dan EBD.

Penulis: Hafids

Sumber: Oto.com

Loading