Sukses

7 Fitur yang Wajib Dimiliki Nissan Livina 2019

Liputan6.com, Jakarta - Dalam waktu dekat Nissan Livina 2019 akan meluncur. Informasi tersebut didapat dari salah satu tenaga penjual yang menyebutkan kembaran XPander tersebut akan diperkenalkan pada akhir Februari 2019.

Nissan wajib berbenah, jika penjualannya tak ingin terpuruk terus. Tahun lalu saja, Livina hanya mampu terjual 2.437 unit.

Secara global, Nissan beraliansi dengan Mitsubishi. Walau di Indonesia mereka sebagai entitas yang berbeda. Namun tangan panjang Mitsubishi seperti memberi bantuan, menolong Nissan yang penjualannya meredup. Maka, berbagilah platform Xpander yang siap dijadikan generasi lanjutan Livina 2019. Kemungkinan strategi bisnisnya seperti Avanza-Xenia yang punya diferensiasi. Nah, apa saja yang mesti dimiliki calon mobil sejuta umat terbaru Nissan?

Desain

Mitsubishi siap menyuplai bodi dan jantung mekanis buat Livina. Urusan desain, kata Mitsubishi, diserahkan sepenuhnya pada Nissan supaya ada pembeda. Dengan platform sama, ada kemungkinan Grand Livina punya fascia yang mirip Xpander, namun dengan grille khas Nissan. Kami pun berdiskusi soal ini. Oleh tim OTO.com hasilnya ditranslasikan melalui rendering Livina 2019. Apapun bentuk realistis mobil kelak, rancang bangun Livina wajib punya fitur pedestrian protection.

 

2 dari 4 halaman

Mesin 1,5 liter

Diungkap oleh Mitsubishi, power unit disuplai oleh mereka. Lalu dikatakan ada peningkatan rasio penggunaan suku cadang lokal pada Xpander dan Livina. Dari semula 70% menjadi sekitar 80%. Pada 2020, barulah engine Xpander siap diproduksi Nissan Indonesia. Kelak, pengembangan di fasilitas NMI menambah kapasitas produksi 160.000 unit mesin saban tahun.

Harga varian tertinggi Livina HWS Autech jauh lebih mahal dari Xpander Ultimate. Nissan membanderol Rp 274 juta. Sedangkan Xpander tertinggi seharga Rp 258 juta. Jika pembagian market tetap seperti itu, mungkin jauh lebih baik kalau engine Livina diracik ulang agar makin bertenaga. Xpander saat ini memberi daya 102 Tk dan torsi 141 Nm. Livina, harus lebih dari itu.

Transmisi CVT

Xpander dibekali transmisi otomatis biasa. Sedangkan Livina yang ada di pasaran pakai jenis CVT. Untuk membedakan, bukan tidak mungkin Nissan mempertahankan CVT pada Livina 2019. Pasalnya, transmisi ini punya banyak kelebihan. Mulai dari penyaluran tenaga yang halus, hingga sanggup memberi efisiensi BBM. Kebanyakan, sistem penyaluran macam ini bisa menjaga putaran mesin tetap rendah, meski mobil melesat kencang.

Electronic Stability Control

Electronic Stability Control juga mesti dimiliki. Sistem ini membantu meningkatkan stabilitas berkendara saat menikung. Apalagi saat Anda melewati jalanan licin. Kebutuhan traksi mobil dibagi untuk stabilitas mobil. Ia bekerja dengan cara mengatur output mesin dan secara selektif melakukan pengereman otomatis.

Di segmen low MPV, fitur keselamatan ini baru ditemui pada Mitsubishi Xpander dan Honda Mobilio RS. Saat ini Nissan belum membekalinya. Grand Livina hanya disuguhi rem ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution) dan BA (Brake Assist). Fitur keselamatan SRS Airbag semestinya ditambahi, atau minimal punya dua di depan.

 

3 dari 4 halaman

Kunci Immobilizer

Grand Livina 2018 belum dilengkapi fitur keamanan kunci immobilizer. Padahal kompetitor sudah memilikinya. Inilah perangkat elektronik yang tertanam di dalam rumah kunci. Alat ini sangat memudahkan Anda, ketika hendak menghidupkan mesin. Bila kendaraan tak mendeteksi keberadaan kunci aslinya, maka mesin tak bisa menyala. Menurut salah satu riset, peranti ini dapat mengurangi risiko pencurian mobil hingga 40%.

Start-Stop Button

Selain immobilizer, fitur start / stop button menjadi sematan menarik. Bila sensor mendeteksi kunci berada di dalam mobil, maka pengemudi hanya perlu menekan tombol ini. Baik saat menghidupkan maupun mematikan mesin. Anda tak perlu lagi memasukkan anak kunci ke lubang dan memutarnya. Mobil jadi makin praktis.

Power Outlet 3 Baris

Yang paling kekinian, fitur power outlet untuk mengisi gadget Anda. Mengingat, penggunaan smartphone kini makin meningkat. Dulu kelas Low MPV hanya menawarkan lighter yang bisa dipasangi satu adaptor USB. Sekarang kondisi berubah. Di semua baris, Mitsubishi Xpander memiliki fitur ini. Maka tak ayal jika Nissan Grand Livina paling anyar juga memilikinya. Toh bukan hal yang sukar bagi pabrikan untuk membenamkan itu. Andai semua fitur tersedia, maka Nissan Livina patut dijadikan daftar target utama. 

Sumber: Oto.com

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Ikan di Laut Terjebak dalam Kantong Plastik

Tutup Video
Loading
Artikel Selanjutnya
Gaya Baru Toyota Hiace, Semakin Mirip Alphard
Artikel Selanjutnya
3 Kelemahan Utama Honda PCX Listrik, Apa Saja?