Sukses

Karpet Tambahan Bisa Bikin Harga Jual Mobil Lebih Tinggi, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Sebagian pemilik mobil memilih untuk memasang karpet tambahan untuk menjaga kebersihan kabin. Namun ternyata dengan memasang karpet tambahan itu memiliki keuntungan lain.

Menggunakan karpet mobil disebut bisa membuat nilai jual mobil semakin tinggi, kok bisa? Melansir Nissan Indonesia, hal tersebut karena kondisi kabin masih terjaga.

Saat menjual mobil, pemilik hanya perlu melepas karpet tersebut. Saat itu, kabin akan tetap terlihat bersih dan tak rusak.

Sebab, ada lapisan karpet yang lebih sering bersentuhan dengan alas kaki atau kotoran lainnya, mengingat karpet asli mobil susah dibersihkan.

Seperti diketahui, bagain lantai kabin memang sudah ada karpet dasarnya, maka itu karpet tambahan bisa melindungi komponen bawaan asli mobil. Sebab, karpet tambahan juga menutupi kerangka bawah mobil.

Namun begitu, bukan berarti Otolovers tak perlu membersihkan karpet tambahan ya. Ada baiknya secara berkala untuk membersihkan ruang kabin agar berkendara terus terasa nyaman.

Sumber: Otosia.com

2 dari 3 halaman

Rawat Karpet Mobil Sendiri, Lakukan Lima Hal Ini

Karpet mobil bisa memengaruhi kesegaran kabin karena aksesori tersebut merupakan salah satu penentu kenyamanan pada mobil. Karpet yang terawat tentu tak akan menimbulkan bau di mobil.

Sedangkan karpet mobil basah karena injakan kaki yang terkena air hujan bisa menyebabkan kabin menjadi lembab dan dapat menimbulkan bau tidak sedap.

Saat karpet mengalami kebasahan, baiknya Anda segera keringkan dengan cara mengangkat karpet keluar, kemudian vacuum terlebih dahulu, setelah itu keringkan dengan cara dijemur sampai benar-benar kering untuk kemudian dipasang kembali.

Tak hanya yang basah, namun karpet kotor dan berdebu juga dapat menimbulkan bau bahkan dapat mengganggu sistem pernafasan penumpang di dalamnya.

Meski kerap diabaikan, kebersihan karpet mobil harus selalu dijaga. Baiknya Anda mencuci karpet sebulan sekali agar tetap menjaga kesegaran kabin mobil.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

Dikutip dari Astra World, ada beberapa tips untuk menjaga kebersihan karpet:

1. Sediakan tempat sampah di dalam mobil. Pentingnya tempat sampah di mobil agar sampah tidak berserakan di karpet mobil melainkan langsung membuangnya ke tempat sampah yang sudah ada.

2. Jaga kebersihan alas kaki jika akan masuk ke dalam mobil agar kotoran tidak mudah menumpuk di karpet.

3. Membersihkan karpet jangan di dalam mobil, namun diangkat dan dikeluarkan dari mobil lalu bersihkan di luar mobil, sehingga debu dari karpet tidak menyebar ke interior yang ada di dalam mobil.

4. Mencuci karpet berbahan karet elastis harus menggunakan deterjen. Setelah dicuci, keringkan sebelum dipasang kembali.

5. Saat karpet dikeringkan, lakukan vacuum pada karpet, jok dan sela-sela jok serta pintu yang biasa tempat kotoran atau sisa makanan menempel.

Loading
Artikel Selanjutnya
Tidak Suka dengan Bau Interior Mobil Baru, Ini Solusinya