Sukses

Fitur Keselamatan Toyota Avanza Veloz Kalah Canggih Dibanding Kompetitor

Liputan6.com, Jakarta - Setelah berbagai bocoran muncul di dunia maya, akhirnya PT Toyota Astra Motor (TAM) resmi menghadirkan model baru dari Avanza dan Veloz. Berstatus sebagai model facelift, mobil keluarga bawah jenama asal Jepang ini mendapatkan sedikit penyegaran, mulai dari desain eksterior, interior, dan fitur.

Soal fitur, Toyota Veloz sebagai kasta tertinggi dari mobil sejuta umat ini memang mendapatkan sejumlah fitur menarik, seperti start/stop engine, pengaturan AC secara digital, retractable auto folding spion luar, serta steering switch atau tombol pengaturan pada kemudi, head unit dengan layar sentuh dengan enam speaker, dan juga lampu follow me home.

Selain itu, Toyota juga melakukan penyegaran pada bagian kaki-kaki dengan melakukan penyempurnaan desain suspensi serta ubahan pada electric power steering.

Sementara untuk fitur keselamatannya, baik Toyota Avanza dan Veloz baru masih mempertahankan dual SRS airbags, seatbelt dengan pretensioner dan force limiter, ABS (anti-lock braking system), EBD (electronic braking distribution), isofix, seatbelt tiga titik, side impact beam, dan front passenger seat belt warning.

Namun, dengan segala fitur yang yang tersedia tersebut, jika dibandingkan dengan kompetitor, seperti Mitsubishi Xpander varian tertinggi, ada beberapa fitur keselamatan yang luput sehingga tidak terdapat pada Toyota Avanza dan Veloz 2019 ini.

Sebut saja hill start assist (HSA) yang terdapat di Mitsubishi Xpander tipe ultimate. Dengan adanya fitur ini, mampu membantu pengendara menghadapi tanjakan. Kemudian, terdapat juga fitur active stability control (ASC), dan tentu saja cruise control.

2 dari 3 halaman

Tanggapan Toyota

Dijelaskan Kazutoshi Sakamoto, Executive Chief Engineer new Toyota Avanza dan Veloz, fitur safety memang dibagi menjadi dua, yaitu pasif dan aktif.

"Dari sisi safety aktif, kami sudah menambahkan banyak perubahan pada 2015 dalam hal safety. Bahkan, kami sudah meraih bintang 4 ASEAN NCAP," jelas Sakamoto di sela-sela peluncuran Toyota Avanza dan Veloz baru di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat.

Sementara itu, menurut Anton Jimmi, Direktur Pemasaran PT TAM, fitur safety saat ini memang menjadi hal yang dibutuhkan bagi konsumen, Namun, penggunaan fitur safety ini memang perlu dilihat juga soal posisi harga jual dari model-model tersebut.

"Karena kami harus seimbang, antara safety dan value for money. Kami rasa di segmen LMPV bintang 4 NCAP, rasanya masih acceptable hingga saat ini. Dan kami masih cukup yakin dengan spesifikasi safety seperti ini masih bisa diterima," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Waspada, Satu Ton Daging Celeng Coba Diselundupkan ke Jakarta

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Banyak Fitur, Toyota Tahan Harga New Toyota Avanza dan Veloz Minimal 3 Bulan
Artikel Selanjutnya
Waduh, Toyota Avanza dan Veloz Terbaru Sudah Kasih Diskon Besar, Benarkah?