Sukses

Toyota Supra 2020, Sportscar Jepang Berdarah Jerman

Liputan6.com, Detroit - Detroit Motor Show menjadi saksi peluncuran resmi Toyota Supra 2020. Supra generasi terbaru ini mengadopsi mesin dari BMW. Sejalan dengan tradisinya, mesin 6-inline tak ditinggalkan dan masih berkapasitas 3,0 liter seperti 17 tahun lalu.

Lalu, berapa tenaganya? Supra 2020 bertenaga 335 Tk dengan torsi 500 Nm. Tenaga yang cukup mengesankan. Mengutip Autoindustriya, Toyota mengklaim bahwa mobil ini bisa berakselerasi 0-100 kpj dalam waktu 4,3 detik. Hanya saja berapa top-speed-nya belum disampaikan.

Selain itu, beberapa varian Supra ini juga disebut akan terdengar asing bagi para pecinta Supra. Seperti mesin 6-silinder turbocharger bernama RZ dan 4-silinder turbocharger bernama SZ-R dan SZ. SZ-R menghasilkan tenaga 254 Tk dan torsi 400 Nm, persis dengan BMW 330i. Sedangkan SZ menghasilkan tenaga 194 Tk. Semua mesin dipadukan dengan transmisi 8-percepatan dengan setelan sport. Tak ada transmisi manual untuk kali ini.

Sedangkan tampilannya, Supra masih setia dengan FT-1 yang menjadi konsepnya bertahun-tahun lalu. Lampu depan bergaya Supra generasi sebelumnya, A80, dan 'nose cone' yang terinspirasi dari mobil balap. Intake dan bilah besar ada di ujung depan membuatnya menjadi coupe yang agresif.

Ada banyak garis pada spoiler-nya yang berfungsi untuk memberikan aerodinamika Supra. Bahkan side skirt Supra juga bisa memberikan tingkat aerodinamika untuk Supra. Setengah bagian atas mobil memiliki gaya kanopi jet-fighter dan atap gelembung. Menurut Toyota ini adalah topi untuk 2000GT klasik.

 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Sementara bagian belakang adalah interpretasi dari Supra terakhir pada tahun 2002. Ada lampu ekor yang ramping dan haunches yang jelas, memberikan kesan tampilan yang luas. Bumper belakang dan diffuser juga tak kalah agresif. Desain liftback masih mengusung tradisi Supra.

Sedangkan dimensinya, Supra tak lebih besar dari sedan keluarga, berukuran di bawah 4,4 meter.

Sedangkan interiornya tak seperti kebanyakan produk Toyota. Dasbor dilengkapi layar infotainment di tengah. Cluster instrument-nya merupakan perpaduan antara sistem digital dan analog, serta setir kemudinya yang terlihat kuat.

Sumber: Otosia.com

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Toyota Yaris Terbaru Meluncur, Sekarang Ada Varian Hybrid
Artikel Selanjutnya
Konsisten Ekspor, Toyota Indonesia Sabet Gelar Primaniyarta 2019