Sukses

Sudah Setahun Hadir, Ini 5 Hal yang Harus Diketahui Soal Honda CRF150L

Liputan6.com, Jakarta - Motor trail milik PT Astra Honda Motor (AHM), Honda CRF150L sudah lebih dari setahun meluncur di Indonesia. Dalam kurun waktu tersebut, motor penggaruk tanah milik pabrikan berlambang sayap mengepak ini sudah sangat berhasil mengganggu pemain lama, Kawasaki KLX 150.

Pasalnya, meskipun bukan produk paling sempurna, CRF150L punya bekal untuk menghadapi KLX 150, khususnya dari fitur dan performa. Nah kalau tertarik meminang, simak lima hal yang perlu Anda ketahui dari CRF150L seperti dilansir Oto.com:

1. Mesin Sedikit Berbeda dengan Honda Verza

Kalau melihat lini Honda, CRF150L punya basis mesin mirip dengan Verza yakni pada diameter piston dan strokenya. Bedanya, Verza ditambah beberapa sensor dan spesifikasi kem, serta ECU-nya disesuaikan. Tujuannya agar punya torsi lebih galak di putaran bawah dan durabilitas yang lebih bagus.

2. Produksi Dalam Negeri

Kalau biasanya Astra Honda Motor cuma bikin skutik, bebek dan sport, CRF150L menambah portofolio manufaktur. CRF150L jadi motor trail pertama yang diproduksi AHM. Tak cuma itu, motor ini juga punya titel motor Honda pertama di segmennya yang memakai mesin kecil. Sebelumnya ada CRF250 Rally dan CRF1000L Africa Twin (1.000 cc). Keduanya bermesin lebih besar dan dijual lebih dulu dari CRF150L.

2 dari 3 halaman

selanjutnya

3. Value Lebih

Ada sejumlah kelebihan positif dari CRF150L ketimbang KLX 150. Kreasi Honda lebih baik performa mesinnya. CRF150L juga relatif lebih murah; ukuran suspensi up side down dan rem cakram lebih besar; fitur lebih lengkap dan modern. Sementara CRF150L punya bobot lebih berat 4 kg dan jarak lebih rendah dari permukaan tanah ketimbang KLX 150. Di segmen motor offroad, dua nilai itu bisa jadi hal tabu.

4) Varian Terbatas

Pertama meluncur, CRF150L cuma ditawarkan satu varian. Tak ada opsi dengan kelengkapan lain. Bahkan cuma ada satu pilihan warna merah berpadu putih. Bandingkan dengan KLX 150 yang punya banyak pilihan varian dan warna. Beruntung, AHM menawarkan pilihan warna baru Extreme Black pada September 2018 lalu. Meski cuma bertambah satu pilihan warna, paling tidak memberi kesempatan konsumen untuk tampil beda.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Mudah Dimodifikasi

Motor jenis trail ini memang ramah modifikasi. Paling mudah dijadikan bergaya supermoto. Cukup ganti roda dan ban. Kalau niat dan modal ada, ganti gaya lebih ekstrem juga bisa. Sudah banyak yang melakukan modifikasi dengan basis CRF150L. Beberapa di antaranya menang kontes Honda Dream Ride. Tiga modifikasi terbaik dari CRF150L dari Honda Dream Ride, dua di antaranya berganti gaya scrambler.

Kronologi Pajero Masuk Sungai Sedalam 20 Meter

Tutup Video