Sukses

5 Prestasi Chevrolet yang Membuatnya Mendunia

Chevrolet ternyata merupakan brand yang cukup inovatif dalam berbagai hal. Mereka kerap mengembangkan kendaraan hemat bahan bakar dengan performa yang kuat, desain menarik, fitur keamanan aktif, dan teknologi yang mudah digunakan.

Liputan6.com, Jakarta - Chevrolet merupakan brand otomotif di bawah payung General Motors. Merek mobil asal negeri Paman Sam ini telah hadir sejak 1911 dan bermarkas di Detroit, Amerika Serikat.

Secara keseluruhan, Chevrolet telah menjalankan bisnis di lebih dari 100 negara dan menjual lebih dari empat juta mobil dan truk dalam setahun.

Namun sayang di Indonesia, Chevrolet masih kalah tenar dengan mobil-mobil buatan Jepang maupun Eropa. Beberapa model mobil yang ditawarkan masih kalah saing.

Kendati demikian, Chevrolet ternyata merupakan brand yang cukup inovatif dalam berbagai hal. Mereka kerap mengembangkan kendaraan hemat bahan bakar dengan performa yang kuat, desain menarik, fitur keamanan aktif, dan teknologi yang mudah digunakan. 

Nah Anda juga perlu mengetahui nih beberapa terobosan Chevrolet yang sempat menjadi merek mobil ini mendunia.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Louis the Legend

Pada 1911, Louis Chevrolet, pembalap mobil dan insinyur otodidak yang terlahir di Swiss, bergabung dengan William “Billy” C Durant, seorang pengusaha dari AS, untuk menciptakan perusahaan Chevrolet Motor Car.

Chevrolet berawal dengan memproduksi mobil pada 1912, dimulai dengan seri C “Classic Six,” mobil mewah dengan model enam silinder dan performa tinggi, diikuti dengan model H yang lebih terjangkau, dan didukung oleh mesin empat silinder yang handal, yang turut mengangkat reputasi Chevrolet sebagai mobil yang dapat diandalkan.

Pada 1913 akhir, Louis pindah dari Indianapolis untuk fokus dalam kegiatan balap mobil, dimana ia dan saudara-saudaranya kemudian menjadi legenda di Indianapolis 500.

 

3 dari 6 halaman

2. Fokus di Pasar Pickup-Truck

100 tahun yang lalu, Chevrolet memasarkan pickup truck pertamanya, 490 Light Delivery, dengan harga US$595, yang selanjutnya mengangkat bisnis truck Chevrolet sejak saat itu.

Dari 1930 Roadster Truck hingga seri desain hard-working Advance (1947-55), seri Task Force yang populer (1955-59), seri C/K yang sporty (1960-99) dan model yang merupakan sebuah terobosan saat ini yaitu Silverado dan Colorado, Chevrolet telah berhasil mencapai penjualan jutaan pickup truck di seluruh dunia.

GM Thailand sudah memproduksi 481.402 pickup truck Colorado sejak 2003 untuk dipasarkan di Thailand maupun di seluruh kawasan.

 

4 dari 6 halaman

3. Pelopor Kelahiran SUV

Segmen terlaris dalam industri otomotif, sport utility vehicle (SUV), berawal pada 1935, ketika Chevrolet meluncurkan Suburban Carryall, kendaraan delapan penumpang yang dibangun di atas chassis pickup truck niaga setengah ton.

Dengan harga awal sebesar US$675, belum termasuk perangkat penghangat dan bumper belakang opsional, SUV pertama di dunia ini memiliki sedikit kesamaan dengan kendaraan keluarga yang dikenal saat ini seperti Chevrolet Trailblazer yang diproduksi dan dipasarkan.

 

5 dari 6 halaman

4. Mulai dari Balapan hingga Jalanan

Chevrolet dikenal dengan kehebatan performanya pada jenis mobil seperti, Corvette yang seksi dan ramping, dan Camaro yang gagah (“Bumblebee” dari film Transformers), seiring dengan kesuksesan Chevrolet di dunia motorsport.

Aktifnya Chevrolet di berbagai ajang olahraga balap telah memungkinkan adanya “transfer teknologi” balap mobil ke produksi kendaraan.

Banyak kemajuan telah tercapai di bidang teknologi powertrain, penyempurnaan tingkat aerodinamis serta pembobotan kendaraan yang telah diuji sebelum implementasinya untuk kendaraan yang dipergunakan di jalan raya.

 

6 dari 6 halaman

5. Standar Tinggi dalam Keunggulan Teknis

Pemasaran Chevrolet di seluruh dunia, bergantung kepada kesiapan tenaga teknisi yang bersertifikat untuk menjamin perawatan dan perbaikan kendaraan para konsumen.

Untuk menjamin kualitas layanan, teknisi Chevrolet mengikuti berbagai pelatihan yang mencakup segala hal, mulai dari yang paling mendasar, isu teknis yang berkembang, kinerja mesin, HVAC, drivetrains dan axel, sistem kemudi, suspensi dan rem di antara banyak hal lainnya.

Terdapat 12 kategori dari berbagai teori dan praktek yang diwajibkan untuk menjadi teknisi GM yang handal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.