Sukses

Setelah Thailand dan Vietnam, Indonesia Jadi Tujuan Yamaha Grand Filano Hybrid?

Setelah dirilis di Thailand, Yamaha Grand Filano Hybrid menyapa pasar Vietnam. Apakah setelah itu menuju Indonesia?

Liputan6.com, Jakarta - Setelah dirilis di Thailand, Yamaha Grand Filano Hybrid menyapa pasar Vietnam. Mengutip dari Motosaigon.vn, skutik ini mengusung nama Yamaha Grande Hybrid.

Tampilannya pun sama seperti Yamaha Grand Filano Hybrid Thailand, dibekali LED headlight, instrumen panel kombinasi analog dan digital lengkap dengan layar TFT.

Menariknya, Yamaha Grande Hybrid telah memiliki sistem pengereman ABS (anti-lock brake system). Biasanya, teknologi tersebut hanya disematkan pada motor premium atau pun sport. Fitur menarik lainnya ialah power-socket charger, keyless, dan lubang pengisian bahan bakar di dek depan, mirip Yamaha FreeGo.

Selain menghadirkan versi hybrid, Yamaha Vietnam juga merilis model terbaru dari Yamaha Grande. Karena bersifat penyegaran untuk tahun 2019, pabrikan berlogo garpu tala itu hanya menyematkan warna baru, yaitu Purple, Blue, Titanium, Pearl White, Black, Red, White, dan Green.

Sementara itu, dapur pacunya tetap mengandalkan model sebelumnya, 1-silinder SOHC 125 cc dan tentunya berteknologi BlueCore. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 8,2 hp dengan torsi maksimum mencapai 10,4 Nm.

Untuk urusan kaki-kaki, Yamaha Grande 2019 dibekali suspensi depan teleskopik dan single-sided monoshock di belakang, layaknya skutik pada umumnya. Sementara itu, bannya sudah tak menggunakan ban dalam alias tubeless berukuran sama depan-belakang, 110/70-12.

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Yamaha Grande 2019 baru dijual pada tahun 2019 mendatang. Di Vietnam, skutik bergaya retro ini dibanderol VND45,5 juta, sekitar Rp28 jutaan untuk tipe standar dan varian Special Edition mencapai, VND49,5 juta, atau Rp30 jutaan (Kurs VND1 = Rp0,62).

Sementara itu, versi hybrid masih sebatas perkenalan atau belum dipasarkan di Vietnam. Di Thailand, Yamaha Grand Filano Hybrid standard (non-ABS) dibanderol seharga THB55.500 atau sekitar Rp24 jutaan. Sementara itu, versi tertingginya, Yamaha Grand Filano Hybrid ABS dijual seharga THB62.000 yang setara dengan Rp27 jutaan (Kurs THB1 = Rp439).

Sayangnya, sampai saat ini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) masih belum berminat untuk memasarkan motor hybrid di Indonesia. Pasalnya, mereka sekarang tengah berfokus pada penjualan keluarga maxi dan tentunya pendatang baru, Yamaha FreeGo.

"Jadi kalau ditanya ke depannya hybrid Yamaha di Indonesia seperti apa, kami harus wait and see. Sampai saat ini kami masih fokus untuk Maxi (Lexi, NMax, CMax, dan TMax)," ujar Assistan GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), Yordan Satriadi, beberapa bulan lalu.

Sumber: Otosia.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.