Sukses

Ribuan Biker Geruduk Lapangan Banteng Medan, Ada Apa?

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia International Bikers Gathering (IIBG) 2018 sukses digelar di Lapangan Benteng, Medan, Sumatera Utara. Acara yang berlangsung 29 November hingga 2 Desember 2018 itu dihadiri ribuan pecinta roda dua.

Dalam keterangan resmi yang Liputan6.com terima disebutkan, IIBG 2018 merupakan gabungan dua event besar berskala nasional yaitu Sumatera Bike Week (SBW) 2018 dan XTrim Sumatera Xpedition (X8). 

Sumatera Bike Week sendiri merupakan gelaran dua tahunan Harley-Davidson Club Indonesia (HDCI). Sementara X8 merupakan kegiatan adventure bermotor yang penyelenggaraannya sudah memasuki tahun kedelapan.

Upacara pembukaan dihadiri Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah yang juga menjabat sebagai Ketua Umum HDCI Sumut, Ketua Umum HDCI Nanan Soekarna dan Ketua Umum XTrim Indonesia Musa Idhishah.

Menariknya, tidak cuma komunitas motor besar dari berbagai kota di Indonesia yang hadir, komunitas motor dengan kapasitas mesin kecil, tanggung, hingga menengah juga datang untuk memeriahkan acara ini.

Sekadar informasi, kegiatan X8 mendapat respon sangat tinggi. Awalnya kegiatan ini hanya dibatasi 1.000 perserta, namun saking tingginya animo akhirnya panitia menambah 500 peserta lagi. Dan jumlah itu di luar 20 peserta asal luar negeri seperti Australia, Spanyol, Brasil, Singapura dan Malaysia.

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

IIBG 2018 berbeda dari gelaran kumpul bikers pada umumnya. Pasalnya, di sini terdapat Festival Kuliner dan Kopi Ulahan. Penyelenggara juga mengemas aneka lomba lain, seperti modeling, menggambar dan mewarnai, membatik, lomba foto, fun walk dan juga fun bike.

"Ayo promosikan wisata yang ada di Sumatera Utara dan juga makanan khasnya yang sudah disiapkan panitia penyelenggara dengan menyediakan konten Festival Kuliner dan Kopi Ulahan khas Sumatera Utara," ujar Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah.

Untuk diketahui, panita menggandeng Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Utara untuk mempromosikan aneka kuliner dan aneka kerajinan khas Medan, Sumatera Utara.