Sukses

Menerawang Potensi Pasar Sepeda Motor di Tahun Politik

Liputan6.com, Jakarta - Tahun depan Indonesia bakal melaksanakan pesta demokrasi, dengan pemilihan presiden dan wakil presiden 2019-2024. Dengan kondisi politik yang bakal terjadi tahun depan, tentunya bakal berpengaruh terhadap industri, seperti pasar kendaraan baik roda empat maupun roda dua.

Dijelaskan Erix Sadikin, Direktur Keuangan PT Astra Honda Motor (AHM), tahun politik memang menjadi tantangan tersendiri. Di samping itu, beberapa hal lain juga bisa mempengaruhi penjualan sepeda motor, seperti pergerakan mata uang, pertumbuhan komoditas, dan juga pertumbuhan ekonomi.

"Ibaratnya, tahun politik itu menjadi tahun yang panas. Konsumen merasa tidak aman untuk bisnis dan transaksi (barang mahal) pasti mereka menunda untuk pembelian motor sampai kondisi kondusif," jelas Erix di workshop wartawan industri Astra International, di FX, Senayan, Jakarta Pusat.

Erix melanjutkan, meskipun menjadi tahun politik, namun jika sepanjang 2019 berjalan lancar, baik pemilihan presiden dan wakil presiden, penjualan motor akan tetap stabil.

"Seperti Pilkada serentak kemarin yang berjalan lancar, otomatis konsumen juga tidak melakukan penundaan pembelian," tegasnya.

Sementara itu, untuk prediksi penjualan sepeda motor tahun depan, diperkirakan bakal stabil, dan tidak lebih dari pencapaian yang bakal terjadi tahun ini, sekitar 6,2 sampai 6,3 juta unit.

2 dari 2 halaman

Pecah, 26 Ribu Bikers Sesaki Honda Bikers Day 2018

Honda Bikers Day (HBD) kembali digelar. Kali ini, HBD 2018 kembali diselenggarakan di Pangandaran, Jawa Barat. Fantastisnya, pada gelaran ke-10 HBD, tak kurang dari 26 ribu bikers memadati Lapangan Ketapang Doyong.

"Targetnya 25 ribu bikers," ujar Direktur Pemasaran Astra Honda Motor, Thomas Wijaya, kepada Liputan6.com. Hingga Sabtu siang (17/11), baru hadir 14 ribu bikers di Pangandaran. Memasuki puncak acara HBD di malam hari, tercatat 26.342 bikers berkumpul di pantai tenggara Jawa Barat ini.

"Wah, tahun depan harus lebih banyak lagi," timpal General Manager Marketing Planning and Analysisi AHM A. Indraputra di sela puncak acara semalam.

Para bikers datang dari seluruh Indonesia, dari Aceh hingga Papua. Mereka mengendarai motor Hondanya dari tempat tinggal mereka.

"Saya menempuh 2.500 kilometer dari Aceh," ujar Ilyas yang menunggang CB150R. Sementara rekannya dari Aceh ada yang mengendarai Honda Scoopy.