Sukses

7 Mobil Crossover Jadul yang Keren di Masanya

Liputan6.com, Jakarta - Mobil segmen crossover mungkin sedang naik daun beberapa tahun belakangan ini. Akan tetapi, wujud dari mobil crossover ternyata sudah ada sejak lama.

Sosok crossover banyak yang menyebutkan muncul 20 tahun lalu, dengan kemunculan merek mobil asal Jepang, Lexus, yang menghadirkan Lexus RX yang menggunakan basis Toyota Camry.

Namun dilansir Carbuzz, Rabu (13/11/2018) crossover pertama pada dasarnya muncul tak lama setelah Perang Dunia II, dan yang membuatnya dari Amerika Serikat dan Rusia, dan juga Eropa.

Kala itu, ternyata selama Perang Dingin, sejumlah negara tidak hanya memperlombakan kecanggihan senjata nuklir, tetapi juga ikut siapa yang paling menarik membuat kendaraan.

Di Indonesia sendiri, saat ini banyak yang menyebut beberapa model mobil bergaya crossover, seperti Suzuki SX4 S-Cross, Nissan Juke, Chevrolet Trax, Mazda CX-3, Honda HR-V, dan Toyota C-HR.

Mau tahu bagaimana wujud crossover jadul, lihat di bawah ini:

2 dari 8 halaman

1. Matra-Simca Rancho

Matra-Simca Rancho, mobil asal Prancis ini sempat digadang-gadang sebagai pesaing dari Range Rover. Pasalnya, pada saat kelahirannya di 1977, orang di Prancis menganggap apa yang dilakukan oleh orang-orang Inggris dengan kendaraan off-roader premium layak ditiru tetapi dengan sentuhan Prancis.

Dengan banyak ruang kargo, crossover tiga pintu ini dianggap lebih funky. Simca Rancho dibenamkan mesin berkapasitas 1,4 liter empat silinder segaris, dengan daya 80 Tk.

3 dari 8 halaman

2. GAZ-M72

GAZ-M72 tampang jadul memang terlihat klasik sekali. Meluncur pada 1955, mobil yang diproduksi secara massal ini dilengkapi bodi monokok dengan sistem penggerak all-wheel drive haya dibuat 4.677 unit hingga 1958

Karena lahir di Rusia, dengan gaya yang kuat, mobil ini disebut mencomot sasis dari truk ringan ala militer GAZ-69 off-road. Mesinnya pun menghasilkan daya 55 Tk.

4 dari 8 halaman

3. Willys-Overland Jeepster

Kemenangan Amerika Serikat pada Perang Dunia II, menciptakan ledakan ekonomi termasuk dalam menggarap mobil yang diproduksi secara massal. pada 1950, setelah sukses di masa perang dengan Jeep Willys, Jeep kembali melirils Willys-Overland yang dianggap waktu paling ideal untuk memperluas formula kemenangan

Mobil ini tergolong memiliki desain yang lebih sederhana dan diperuntukan bagi konsumen di pinggiran kota. Meski sempat mendapatkan cibiran karena desain berbeda, namun ternyata Jeepster dibuat hampir 20.000 unit.

5 dari 8 halaman

4. Lada 4x4

Merek mobil Rusia yang satu ini memang masih cukup dikenal karena memang memiliki beragam model. Untuk model crossover, ternyata Lada 4x4 sempat disebut Niva yang sebelumnya dikembangkan oleh AvtoVAZ. 

Bergaya off-road sejak 1977, mobil ini ternyata diekspor ke sejumlah negara seperti Islandia, Austria, Uruguay, dan Inggris.

Saat ini, Lada 4x4 dianggap sebagai leluhur dari semua crossover AWD ringkas saat ini.

6 dari 8 halaman

5. Jeep Wagoneer

Jeep Wagoneer sejatinya sudah ada sejak 1963 dan dianggap sebagai kendaraan berbasis 4x4 mewah pertama. Meskipun kemudian berubah menjadi SUV yang lengkap, namun Wagoneer pada awal kemunculannya benar-benar memiliki tampilan crossover.

Mobil ini awalnya hadir dalam versi dua dan empat pintu, serta memiliki desain gerobak. Kebanyakan orang Amerika melihatnya sebagai truk.

Namun, Kaiser, yang memiliki Jeep pada saat itu, memahami dengan benar penduduk pinggiran di kota Amerika tidak menginginkan kendaraan truk, sehingga Wagoneer menerima suspensi depan independen sehingga tampil seperti mobil pada umumnya.

Mobil yang dilengkapi mesin V8 terpaksa harus disetop produksinya pada 1991.

7 dari 8 halaman

6. AMC Eagle

Meski Eagle AMC sempat disebut terlihat agak aneh, namun saat meluncur di 1979, mobil ini memiliki ide benar-benar brilian. Adapun merek Subaru, pada 1987 kerap kali memproklamirkan bahwa Outback sebagai 'Sport Utility Wagon Pertama di Dunia', akan tetapi hal itu dirasa sebenarnya milik Eagle.

Eagle disebut sebagai mobil kompak Concord yang dilengkapi sistem penggerak empat roda. Eagle sendiri berhenti produksi pada 1988.

8 dari 8 halaman

7. Toyota RAV4

RAV4 generasi pertama muncul pada 1994 dan, dalam banyak hal desain RAV4 jauh dari model saat ini . Sebagai permulaan, yang asli ditawarkan sebagai tiga pintu, lima pintu, atau soft-top tiga pintu konversi. Hingga akhirnya model yang kini muncul jauh dari model generasi awal.

Mobil RAV4 kala itu dianggap cukup unik, karena menggunakan platform yang diterapkan pada Corolla. Mobil ini juga sangat fungsional, lantaran dilengkapi penggerak roda depan dan all-wheel drive, serta ditawarkan dalam lima kecepatan slushbox manual atau empat kecepatan otomatis.

Banyak yang beranggapan RAV4 pertama, sebagai pesaing yang jauh lebih ramah dari pada Jeep Wrangler, kemudian juga Suzuki Jimny.

Video Populer Otomotif

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
6 Pilihan Mobil Crossover di Indonesia, Mau yang Mana?
Artikel Selanjutnya
Wuling SUV Meluncur Tahun Depan, Ini Tanggapan Mitsubishi