Sukses

Pabrik Esemka di Boyolali Mulai Menggeliat

Nama Esemka kembali muncul. Kabarnya pabrik mobil di Boyolali, Jawa Tengah tersebut mulai menggeliat dengan aktivitasnya.

Boyolali Nama Esemka kembali muncul. Kabarnya pabrik mobil di Boyolali, Jawa Tengah tersebut mulai menggeliat dengan  aktivitasnya.

Pabrik yang memproduksi mobil Esemka berlokasi di Desa Demangan, Sambi, Boyolali. Menurut pantauan Solopos.com di pabrik itu, Senin (22/10/2018), dari kejauhan terlihat mobil-mobil berjajar rapi di halaman sisi timur.

Mobil tersebut berjenis pikap dan terdiri atas dua warna berbeda yakni putih dan abu-abu. Sekilas bak terbuka mobil-mobil itu memang terlihat seperti pikap pada umumnya, namun bagian depannya memiliki bentuk lain.

Sementara itu, seperti dikutip dari Solopos.com pabrik tersebut masih tertutup untuk umum. Pintu gerbang utama selalu tertutup dan dijaga petugas keamanan. Bando di pintu gerbang utama dan sebagian pagar depan yang diperkirakan bertuliskan nama pabrik (PT Solo Manufaktur Kreasi) ditutup dengan kain hitam.

Meski demikian, di lingkungan pabrik Esemka sudah terlihat adanya aktivitas. Sejumlah pekerja terlihat lalu lalang melakukan kegiatan di sekitarnya. Puluhan sepeda motor juga terparkir di sisi salah satu gedung. Pemandangan ini berbeda dengan beberapa bulan lalu di mana pabrik masih terlihat lengang dan tidak ada aktivitas.

Sejumlah warga sekitar yang ditemui menyebutkan, sejak beberapa bulan terakhir pabrik sudah terlihat ramai. Mobil-mobil Esemka baru keluar masuk pabrik sedangkan orang-orang berlalu lalang.

Bahkan warga juga melihat adanya aktivitas percobaan mobil di sisi timur. “Saya pernah melihat ada mobil yang sepertinya sedang dicoba-coba di jalan itu. Naik dan turun,” kata salah satu warga di sekitar pabrik.Ketika Solopos.com melihat sisi timur pabrik terlihat ada dua lintasan menurun yang diperkirakan menjadi salah satu lokasi percobaan mobil Esemka.

Baca juga berita lainnya di Solopos.com.

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Esemka Muncul Jelang Pilpres, Timses Jokowi: Itu Kebetulan

Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Abdul Kadir Karding angkat bicara mengenai kritikan pihak oposisi mengenai rencana kemunculan mobil Esemka jelang Pilpres 2019.

"Soal kritik munculnya ketika mau Pilpres itu, kayaknya kebetulan aja. Tapi faktanya yang penting sekarang sudah ada," kata Karding di Posko Cemara, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (18/10/2018).

Sekjen Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengatakan seharusnya semua pihak dapat memberikan dukungan untuk mobil Esemka. Sehingga menjadi hasil produksi dari anak-anak bangsa.

Tak hanya itu, Karding menyebut produksi mobil Esemka sekaligus guna mengakomodir keahlian yang ada di setiap sekolah.

"Jadi ini harus didorong bersama agar nanti bisa kompetitif di pasar," ucapnya.

Sebelumnya, Esemka merupakan merek mobil buatan Indonesia yang melambungkan nama Jokowi saat menjabat sebagai Walikota Surakarta. Kini mobil Esemka sudah melalui uji tipe kendaraan atau Vehicle Type Approval (VTA) di Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Kementerian Perhubungan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.