Sukses

Rekor Baru, Mobil Tercepat Melesat 811 Km/jam

Liputan6.com, Utah - Bugatti, Lamborghini, Ferrari dan beberapa supercar ternama lainnya kerap dianggap sebagai mobil tercepat di darat.

Namun ternyata, baru-baru ini ada kendaraan berpengerak roda tercepat di darat, yakni Turbinator II.

Turbinator II yang dikembangkan tim Vesco tercatat mampu melaju dengan kecepatan hingga 503 mph atau sekitar 811 km/jam saat diuji di Bonneville Salt Flats, Utah, Amerika Serikat awal bulan ini.

Dilansir Autoblog, Jumat (19/10/2018), kecepatan Turbinator II ini mematahkan rekor kendaraan yang sama, yang juga sempat diuji pada bulan sebelumnya dengan torehan kecepatan 482 mph atau sekitar 775 km/jam.

Hanya saja, untuk pengujian Turbinator II yang terakhir, Dave Spangler yang berada di belakang kemudi belum bisa mencatatkan diri di buku rekor resmi, lantaran hanya saat pengujian dilakukan satu kali, alias tanpa bertahap.

Pada dasarnya, pengujian bisa saja dilakukan dua kali bahkan lebih, namun saat test run kedua dari arah berlawanan, lintasan diguyur hujan. Hal inilah yang membuat pengujian Turbinator II tak masuk buku rekor.

 

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Masih menurut Autoblog, Turbinator II berbeda dari beberapa kendaraan darat tercepatan lainnya. Hal ini karena pada bagian roda-roda digerakkan menggunakan four wheel drive atau tidak seperti Thrust SSC dan Bloodhound SSC yang menggunakan sistem penggerak  roda dan ditembakan langsung dari mesin turbo jet.

Jauh sebelum pengujian paling terbaru dilakukan, Turbinator II pada Oktober 2001 sempat dites dengan catatan 458,44 mph atau sekitar 737,7 km/jam. Kala itu pengujian dilakukan Don Vesco dan setahun kemudian beliau meninggal dunia karena sakit.

Adapun, kala itu ia menginginkan agar kendaraan tersebut tercatat mampu mencapai kecepatan hingga 500 mph atau 804 km/jam merupakan tujuan utama bagi Vesco agar mendapatkan bingkai pelat "Goal 500 mph" yang dibuat beberapa dekade lalu.

Kecepatan yang kini diraih Turbinator II disebutkan karena kendaraan ini telah mengalami serangkaian perombakan, seperti  mengadopsi bahan material aluminium agar lebih ringan.

Selain itu, wheelbase mobil ini memiliki panjang 6,4 meter dengan dan dimensi panjang 10 meter, serta disokong mesin helikopter Chinook dari Lycoming yang sanggup menyemburkan daya 5.000 Tenaga kuda atau naik dari 3.750 Tk pada Turbinator generasi pertama.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Loading