Sukses

Harga Motor Yamaha Tetap Meski Dolar Perkasa dan BBM Naik, Kok Bisa?

Liputan6.com, Jakarta - Kondisi perekonomian Tanah Air tengah menjadi sorotan lantaran menguatnya dolar Amerika Serikat terhadap rupiah. Ditambah lagi, harga bahan bakar minyak (BBM) RON 92 ke atas mengalami kenaikan.

Dalam situasi yang kurang menguntungkan ini, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengaku akan mempertahankan harga produk-produknya.

"Harga masih sama, bertahan sampai sekuat mungkin. Mungkin sampai (akhir) tahun ini kita akan coba jaga," terang Vice President Director YIMM Dyonisius Beti usai peluncuran New Yamaha R25 dan R3 di Hotel Grand Mercure, Jakarta, Kamis (11/10/2018).

Menurut dia, keputusan menaikan harga jual dalam situasi seperti ini bisa memperburuk kondisi. "Daya beli sangat terpengaruh untuk saat ini, kalau kami naikin harga mungkin penjualan turun," ujarnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan, situasi kondusif Yamaha Indonesia lantaran volume ekspor produknya yang terbilang tinggi. Strategi subsidi silang menjadi cara mereka untuk bertahan dengan harga yang ada saat ini.

"Kami beruntung karena banyak ekspor, jadi bisa subsidi silang. Kita ekspor terimanya kan dolar jadi dapat rupiahnya lebih besar. Jadi subsidi silang, untung di situ (ekspor) untuk disubsidi ke sini," bebernya.

Saat ini, jumlah ekspor yang dilakukan Yamaha Indonesia mencapai 400 ribu unit per tahun, sementara CKD sebanyak 4,5 juta. Adapun produk-produk yang diniagakan di luar negeri meliputi R25, R3, NMax, XMax, Jupiter MX King, dan Mio.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

Yamaha resmi merilis model baru Yamaha R25 dan R3 secara serentak di Indonesia, Thailand, dan Amerika Serikat. Model anyar ini mengalami ubahan cukup banyak.

Pembalap Tech 3 Yamaha di ajang MotoGP, Hafizh Syahrin dan pembalap andalan Yamaha Indonesia Galang Hendra Pratama di kejuaraan WorldSSP300 menjadi saksi kelahiran model terbaru Yamaha R25 dan R3. Keduanya menunggangi motor berkelir biru.

Di samping ubahan yang signifikan baik pada desain, fitur maupun mesin, warna dan striping R25 juga berubah. Selain warna biru khas Yamaha, R25 juga tersedia dengan pilihan warna merah dan hitam doff.

Menyoal harga, dibanding pendahulunya Yamaha R25 mengalami peningkatan. Jika sebelumnya dibanderol Rp 57 juta untuk tipe standar dan Rp 57,350 juta untuk tipe movistar, kini menjadi Rp 58,6 juta (standar) dan Rp 58,89 juta (Movistar).

3 dari 3 halaman

Saksikan Juga Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Lebih Mahal Rp 1,6 Juta, Ini Perbedaan Yamaha R25 Anyar dan Lawas
Artikel Selanjutnya
New Yamaha R25 Lebih Kencang, Ini Rahasianya