Sukses

Mengintip Keganasan Lawan Baru BMW G310 R dari Afrika

Kerja sama dua pabrikan otomotif merupakan hal yang lazim dilakukan. Misalkan saja BMW Motorrad dan TVS yang berhasil menciptakan tiga produk baru, yaitu BMW G310 R, BMW G310 GS, dan TVS Apache RR310. Ketiganya menggunakan basis mesin dan sasis yang sama.

Liputan6.com, Cape Town - Kerja sama dua pabrikan otomotif merupakan hal yang lazim dilakukan. Misalkan saja BMW Motorrad dan TVS yang berhasil menciptakan tiga produk baru, yaitu BMW G310 R, BMW G310 GS, dan TVS Apache RR310. Ketiganya menggunakan basis mesin dan sasis yang sama.

Menariknya lagi, banderol yang ditawarkan bisa dibilang terjangkau untuk sebuah motor gede berteknologi Eropa. Ternyata, BMW G310 R punya lawan berwajah ganas dari Afrika, yaitu Zontes ZT310-R.

Keganasan naked-bike ini disumbang oleh desainnya yang cenderung meruncing dari depan sampai belakang. Selain itu, bentuk tangki dan shroud Zontes ZT310-R terkesan berotot dan terlihat gambot.

Fitur yang ditawarkan pun tak bisa diremehkan. Tengok saja bagian depannya yang dibekali dual-LED headlight bertumpuk dan DRL (daytime running light) tipis di atasnya. Instrumen panel Zontes Zt310-R ini pun sudah full digital.

Menariknya, tidak ada tonjolan lampu sein karena sudah terintegrasi dengan body. Lampu sein depan menempel pada shroud dan belakang berada persis di bawah jok.

Ya, Zontes ZT310-R memang tidak memiliki sepatbor belakang seperti motor pada umumnya. Meski demikian, naked-sportbike ini dilengkapi dengan mud-guard, semacam sepatbor yang menjadi satu dengan swing-arm.

* Update Terkini Asian Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru dari Arena Pesta Olahraga Terbesar Asia di Sini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Jika dilihat secara detail, swing-arm motor ini mirip dengan KTM Duke series. Selain itu, knalpotnya berada di bawah jok dan memiliki 2-muffler atau dua lubang.

Nuansa gambot pada Zontes ZT310-R turut disumbangkan oleh sektor kaki-kaki. Di bagian depan terpasang suspensi upside down dan ban 110/70 R17. Sementara buritan motor ditopang monoshock yang berpadu dengan ban berukuran 160/60 R17.

Berlanjut ke sektor dapur pacu, Zontes ZT310-R dibekali mesin 1-silinder DOHC 311,7 cc liquid-cooled. Konfigurasi tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 34,8 Tk dan torsi maksimumnya mencapai 30 Nm. Dengan performa tersebut, motor ini membutuhkan bahan bakar sebanyak 3,2 liter untuk menempuh 100 km.

Mengutip dari Zabikers.co.za, di Afrika Selatan, Zontes ZT310-R dijual seharga ZAR63.900 atau sekitar Rp65,2 jutaan (Kurs ZAR1 = Rp1.019). Banderol tersebut setara Kawasaki Ninja 250 SE 2018, Rp64,3 juta.

Sumber: Otosia.com

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.