Sukses

Tips Agar Mobil Tak Baret Saat Parkir

Risiko kendaraan terkena goresan bukan hanya saat sedang mengendarai di jalan raya tapi juga bisa terjadi saat parkir. Berikut tips agar tak terkena baret.

Liputan6.com, Jakarta - Risiko kendaraan tergores bukan hanya terjadi saat bersenggolan dengan kendaraan lain di jalan, tapi bisa juga saat parkir.

Kerap kali setelah mobil ditinggal parkir, malah muncul baretan atau kerusakan yang baru pemilik ketahui saat hendak pulang.

Goresan bisa saja terjadi karena ada kendaraan atau orang lain yang bersentuhan dengan mobil kita sampai meninggalkan kerusakan pada bodi mobil selama ditinggal di tempat parkir.

Untuk menghindarinya, ada beberapa tips dari Astra World, saat memarkir mobil pada area parkir:

1. Lihat tanda-tanda batas parkir.

Tanda batas parkir berupa garis putih. Usahakan menempatkan mobil berada di tengah-tengah batas yang tersedia, tidak terlalu mepet ke kiri atau ke kanan.

2. Hindari parkir dekat area pejalan kaki

Jangan memarkir di tempat yang sering dilalui orang agar terhindar baret yang disebabkan orang lewat yang iseng ataupun tergores barang bawaan dari orang yang melintas.

*Pantau hasil hitung cepat atau Quick Count Pilkada 2018 untuk wilayah Jabar, Jateng, Jatim, Sumut, Bali dan Sulsel. Ikuti juga Live Streaming Pilkada Serentak 9 Jam Nonstop hanya di Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

selanjutnya

3. Hati-hati terhadap batas parkir yang terbuat dari beton

Perhatikan ketinggian dan posisinya. Jangan sampai pembatas menyentuh atau bahkan merusak komponen pada kolong mobil kita. Ini menjadi perhatian utama bagi pengendara mobil yang ground clearance-nya sangat pendek.

4. Jaga jarak aman untuk pintu mobil lain

Perhatikan jarak dan posisi dengan mobil atau kendaraan yang sebelumnya sudah terparkir di sekeliling mobil kita. Sediakan ruang yang cukup aman untuk pintu mobil dibuka agar tak mentok. Jangan lupa lipat spion agar terhindar dari kemungkinan tersenggol mobil lain.

5. Periksa kembali body mobil

Setelah beraktivitas dan hendak masuk kembali ke mobil, periksa dulu sekeliling bodi mobil. Pastikan bahwa tidak ada peristiwa buruk saat mobil kita tinggal di tempat parkir.

6. Sebelum keluar parkir, cek ada penghalang atau tidak

Keamanan mengeluarkan mobil dari area parkir perlu kita perhatikan. Pastikan tidak ada penghalang di sekeliling mobil yang akan menjadi medan gerak mobil kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini