Sukses

Daftar Kendaraan Roda Tiga dari Masa ke Masa (Bagian 2)

Liputan6.com, Jakarta- Kendaraan roda tiga memang belum se-booming roda empat atau roda dua. Namun yang pasti model kendaraan roda tiga tak kalah hebat.

Sebelumnya, Liputan6.com telah membahas Daftar Kendaraan Roda Tiga dari Masa ke Masa (Bagian 1). Lihat artikelnya di sini. Dalam artikel tersebut setidaknya ada lima jenis kendaraan roda tiga dari pertama kali dibuat.

Nah, untuk artikel kali ini adalah lanjutan dari sebelumnya. Masih menurut Motor1, kendaraan roda tiga ini memang cukup menarik, karena dibenamkan dengan teknologi mumpuni bahkan tergolong canggih. Berikut rangkuman kelanjutannya:

6. Campagna Motors

Merek otomotif asal Kanada, Campagna Motors telah mengumumkan sebuah kendaraan roda tiga yang disebut T-Rex. T-Rex ini memiliki tenaga yang kuat berkat mesin inline six milik BMW K160 yang mampu menghasilkan daya hingga 160 Tk pada 7.750 rpm dan torsi 175 Nm pada 5.250 rpm.

Meski beroda tiga, namun motor ini memiliki desain mewah dan modern.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

7. Carver One

Hadir pada 2002 lalu, Carver jadi salah satu kendaraan roda tiga dalam sejarah dengan roda tiga yang memiliki bodi miring seperti dapat bergerak ke samping seperti sepeda motor.

Kendaraan roda tiga yang mampu menampung dua orang ini dijejali mesin empat silinder 16 valve turbo intercooler dengan kapasitas 659 cc yang sanggup menghasilkan daya 68 Tk pada 6.000 rpm dan torsi 100 Nm pada 3.200 rpm.

Dengen mesin tersebut kendaraan roda tiga ini bisa berlari hingga 185 km per jam dengan konsumsi bahan bakar sekitar 6 liter untuk 100 km.

 

3 dari 5 halaman

8. Morgan 3 Wheeler

Meski sekilas terlihat klasik, namun nyatanya kendaraan roda tiga ini telah mengalami berbagai perubahan.

Uniknya, Morgan 3 Wheeler yang tidak dilengkapi memiliki pintu, dan atap persis seperti mobil. Namun unntuk jantung pacunya dibenamkan mesin S & S V-Twin 2 liter, dua roda depan, dan satu roda penggerak di belakang.

Kabarnya, perusahaan ini juga sedang mengembangkan versi listrik yang disebut EV3.

4 dari 5 halaman

9. Polaris Slingshot

Polaris memang sempat dikenal dengan sejumlah kendaraan salju. Namun beberapa waktu lalu Polaris sempat mengumumkan kendaraan roda tiga disebut Slingshot.

Slingshot ini disebutkan telah dibenamkan mesin milik General Motor berupa Ecotec berkapasitas 2.4 liter yang sanggup menghasilkan daya 173 Tk dan torsi 225 Nm.

5 dari 5 halaman

10. Toyota i-Road

i-Road dirancang sebagai alat transportasi untuk dua orang menuju tempat di kota-kota besar di dunia. Sejatinya konsep personal mobility ala Toyota sudah diperkenalkan sejak 2005 lewat proyek Toyota i-Swing dan i-Unit. Kemudian dikembangkan lagi pada 2007 lewat proyek Toyota i-Real dan FV2 pada 2014.

Spesifikasi i-Road adalah kendaraan menggunakan dua mesin elektrik, penggerak roda depan, mempunyai tiga roda, dan berjarak tempuh 50 kilometer. Kendaraan ini menggabungkan unsur fleksibilitas dan kepraktisan sepeda motor dengan kenyamanan mobil.

Secara dimensi, Toyota i-Road memiliki panjang 2.345 mm, lebar hanya 870 mm, dan tinggi sekitar 1.455 mm. Dengan wheel base 1.695 mm, kendaraan ini memiliki bobot sekitar 300 kg.

Kabarnya, jantung pacu Toyota i-Road didukung teknologi listrik, di mana daya listrik dari baterai lithium-ion 5,5 kWh disalurkan melalui dua motor listrik. Alhasil, Toyota i-Road pun mampu dipacu dengan kecepatan hingga 60 km/jam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.