Sukses

BPTJ Prediksi Puncak Arus Balik Meningkat di Akhir Pekan Ini

Liputan6.com, Jakarta - Meski jadwal cuti bersama dari pemerintah telah berakhir pada Rabu (20/6/2018), namun peningkatan arus balik diprediksi akan terjadi sampai pada akhir pekan ini, Sabtu (23/6/2018) dan Minggu (24/6/2018).

Untuk mengurai kepadatan, Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), Bambang Prihartono, mengatakan bahwa pemerintah kembali menyiapkan langkah antisipasi berupa contraflow di jalan tol.

"Kita lakukan dulu contraflow satu lajur. Kalau sudah tidak memadai, baru kita lakukan contraflow satu arah (oneway)," kata Bambang melalui keterangan resminya, dikutip laman Kementerian Perhubungan, Jumat (22/6/2018).

Prioritas jalan saat ini, menurutnya, diberikan untuk para pemudik yang balik.

"Pada waktu mudik kita prioritaskan orang yang mudik. Waktunya kembali, kita prioritaskan orang yang kembali. Orang yang kembali harus on time sampai di kantor. Kalau mereka terlambat, produktivitas pun terlambat. Ekonomi bisa terganggu," paparnya.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Bambang menjelaskan, beban jalan diupayakan untuk tetap seimbang dan dibagi ke jalan tol maupun jalan arteri.

"Semua pasti kena dampaknya. Kita tidak bisa mendesain jalan sebesar mungkin. Ini kan hanya case Lebaran saja, jadi harus dilakukan manajemen dan rekayasa lalu lintas," katanya.

Sebagai informasi, hingga Kamis (21/6/2018) atau H+5 Lebaran pukul 12.00 WIB, jumlah pemudik yang telah kembali yakni sebesar 4.912.347 penumpang. Sistem Informasi Angkutan dan Sarana Transportasi Indonesia (SIASATI) Kemenhub mencatat, hingga saat ini masih ada 55,61 persen penumpang yang belum kembali.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.