Sukses

Uang Koin Bisa untuk Cek Kondisi Ban Mobil, Caranya?

Liputan6.com, Jakarta - Sebelum Anda melakukan perjalanan mudik, biasakan untuk selalu memeriksa tekanan ban mobil. Sebagian besar pengendara mobil beranggapan bahwa tekanan ban sangat mempengaruhi jarak tempuh dari kendaraan.

Dikutip dari Dunlop, Rabu (23/5/2018), Anda dapat menempuh jarak hingga mencapai 3,3 persen lebih jauh dan menghemat ongkos BBM, jika Anda rajin memeriksa keadaan tekanan ban mobil Anda dan menjaga agar selalu dalam tekanan yang seharusnya.

Ban dengan tekanan yang kurang memadai akan menyebabkan ban mudah panas karena gesekan yang besar dengan aspal, sehingga ban cepat aus dan bisa membahayakan keselamatan mengemudi.

Soal tekanan angin, mungkin Anda juga bisa terbantu dengan melihat dari buku petunjuk pemilik kendaraan. Namun bagaimana cara untuk melihat ban tersebut sudah gundul atau belum?

Uang koin bisa digunakan sebagai alat penunjuk bahwa ban mobil Anda telah gundul. Bagaimana caranya?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

selanjutnya

Letakkan uang koin di tapak ban mobil Anda. Jika Anda bisa melihat seluruh gambar uang koin tersebut, maka saatnya bagi mobil Anda untuk ganti ban.

Tak mau mengganti ban, maka rawatlah ban Anda dengan menghindari lobang di jalan. Sebab lobang yang terlalu besar tak hanya bisa merusak ban mobil Anda, melainkan juga akan mengganggu keseimbangan atau balance dari ban mobil.

Periksalah keseimbangan atau balance dari ban mobil Anda secara periodik, untuk menghindari putaran ban yang tak stabil.

Perhitungkan bobot yang harus dimuat oleh mobil Anda. Jika muatan melebihi kapasitas maksimal dapat menimbulkan tekanan yang berlebih pada ban mobil Anda dan itu bisa sangat membahayakan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini