Sukses

Mudik Jakarta-Surabaya Lewat Tol Trans Jawa, Ini Tarifnya

Liputan6.com, Jakarta - Menanggapi adanya berita hoax tarif tol Trans Jawa, yang beredar di media sosial, dimana tertulis hingga Rp 500 ribu, PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengklarifikasi info tersebut bukanlah dari sumber resmi.

AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan resminya, menyampaikan agar masyarakat dalam menerima informasi, lebih dahulu kroscek kebenarannya melalui saluran resmi.

Terkait itu, PT Jasa Marga menyampaikan berdasarkan data tarif tol per akhir bulan April 2018, tarif tol Trans Jawa, untuk ruas dari Jakarta hingga Surabaya, adalah Rp 351.500.

Perhitungan tarif tersebut mulai dari Jalan Tol Jakarta-Cikampek hingga Jalan Tol Surabaya-Gempol dan Kejapanan-Gempol. 

Perhitungan tarif tol Trans Jawa tersebut berdasarkan tarif ruas jalan tol yang telah beroperasi dan dikelola oleh Jasa Marga dan kelompok usahanya, serta informasi dari Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) lainnya.

 

Sedangkan beberapa ruas jalan tol yang masih dalam tahap uji laik fungsi atau masih dalam tahap konstruksi, belum ditetapkan besaran tarifnya.

Penentuan tarif tol suatu ruas akan dihitung berdasarkan tiga hal, yakni kemampuan bayar pengguna jalan, Besar Keuntungan Biaya Operasi Kendaraan (BKBOK) dan kelayakan investasi.

Hal ini tertera di Pasal 48 ayat (1) Undang-Undang Nomor 38 Tahun 2004 tentang Jalan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini