Sukses

Asal-usul Terbentuknya Kerak pada Mesin

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah Anda ditawarkan carbon cleaner yang diklaim dapat membersihkan jeroan mesin mobil? Biasanya bengkel mengklaim carbon cleaner dapat membuat mesin terasa segar lagi, dan tarikan kembali mantap.

Carbon cleaner sendiri punya peran melunturkan karbon dalam ruang bakar mesin. Umumnya, carbon itu juga disebut kerak mesin. Hilangnya kerak mesin pun berarti menghilangkan penghalang dari kerja di ruang bakar.

Lalu dari mana sebenarnya asal carbon atau kerak di mesin ini? Sales and Service Proxima, Harun Tanjung, yang menawarkan turbojet untuk mengatasi hal ini mengatakan bahwa kerak muncul karena kurangnya pasokan udara ke ruang bakar.

"Kontribusi utama pengotoran udara ruang bakar. Karena udaranya kurang, bahan bakar tidak terbakar dengan habis," ujarnya.

Di gerainya yang sempat buka di Indonesia International Motor Show (IIMS) itu, turbojet ditawarkan untuk memenuhi kekurangan pasokan udara saat pembakaran terjadi.

Pasalnya, bensin mengucur, sementara asupan udara mengandalkan aliran natural ke dalam ruang bakar. Namun, pembakaran sudah terjadi, sedangkan jumlah udara yang terasup tidak imbang.

"Sisa bahan bakar itulah yang mengkristal sehingga terjadi satu lapisan kerak di ruang bakar dan kepala piston," kata dia.

 

Reporter : Dimas Wahyu
Sumber : Otosia.com
2 dari 3 halaman

Opsi Engine Cleaner untuk Bersihkan Piston

Satu komponen utama yang terletak pada blok silinder mesin adalah piston, atau yang juga punya bahasa bengkel "seher". Piston melakukan gerakan naik turun mengikuti siklus kerja mesin. Gerakannya sendiri berasal dari ledakan dalam proses pembakaran, antara bahan bakar, api, dan udara.

Suhu yang sangat tinggi, plus gerakan naik turun yang sangat cepat, membuat piston lama kelamaan mengalami penurunan performa. Salah satu yang paling sering terjadi adalah munculnya kerak hitam di permukaan kepala piston.

Kerak hitam tersebut adalah karbon yang tidak terbakar. Lama kelamaan menumpuk dan membentuk lapisan yang makin tebal. Jika karbon ini semakin banyak, maka dampaknya adalah tekanan kompresi akan sangat tinggi, juga timbul pembakaran awal.

 

 

Maka dari itu, piston juga harus mendapatkan perhatian. Ada beberapa cara. Misalnya yang rumit adalah membongkar blok mesin secara keseluruhan. Namun ada pula yang jauh lebih mudah, yaitu dengan cara menyemprotkan engine cleaner.

"Bersihkan kepala seher yang kotor pakai engine cleaner cukup efektif," ujar Reki Suhendra, pemilik bengkel L12 yang ada di Depok, Jawa, Barat, kepada Liputan6.com.

Engine cleaner sendiri secara sederhana merupakan cairan berbahan solvent yang memang khusus dipakai untuk membersihkan ruang bakar. Cairan ini bisa dibeli di banyak tempat, termasuk di toko online dengan harga hanya Rp 30-an ribu.

Reki menjelaskan lebih jauh bagaimana cara menggunakan cairan ini. "Masukkan cariannya dari lubang busi," terangnya.

Pertama-tama, panaskan mesin terlebih dulu hingga panas. Lalu, matikan mesin dan mulailah semprotkan cairan ke ruang mesin melalui lubang busi. Pasang kembali busi dan diamkan motor sejenak, kira-kira lima menit.

Lalu, mulai nyalakan kembali mesin dan betot gas hingga rpm 4000-5000. Jika engine cleaner bekerja dengan baik, maka dari knalpot akan keluar asap hitam. Betot gas terus menerus hingga tidak ada lagi asap hitam keluar.

 
3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Mobil Listrik Mazda Rasanya Sama Seperti Mobil Biasa, Ini Alasannya
Artikel Selanjutnya
Kembangkan Mesin 200 Cc, Honda Tiger Bakal Terlahir Kembali?