Sukses

Hindari Cairan Ini Saat Membersihkan Jok Kulit

Tingkat kenyamanan yang ditawarkan kulit asli jauh di atas jenis kulit sintetis

Liputan6.com, Jakarta - Material kulit asli biasa digunakan pada mobil premium. Tingkat kenyamanan yang ditawarkan kulit asli jauh di atas jenis kulit sintetis yang harganya lebih murah.

Namun, meski nyaman, jok kulit asli butuh perawatan khusus. Ketika kotor, menurut saran Oscar Wijaya, founder sekaligus Ketua Umum Indonesia Authorized Trimmer Summit (IATS), perawatannya bisa menggunakan sabun bayi karena PH yang netral, meski tidak pantang juga memakai bahan kimia.

Namun jika bicara cairan kimia, ini hanya diperlukan jika kotorannya membandel, seperti dikatakan Oscar.

"Kalau untuk noda membandel, pakai bahan kimia. Baru setelah itu kalau ada conditioner, baru dipakai," ujarnya.

Meski begitu Oscar sejak awal sudah mewanti-wanti kalau pemakaian conditioner punya pengaruh jika jok kulit berwarna doff atau matte.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Seperti diketahui, warna doff atau matte menunjukkan karakter gelap dan lembut. Itu berbeda dengan warna lain yang mungkin punya karakter mengkilap. Padahal, conditioner punya unsur membuat suatu bahan menjadi mengkilap.

"Ada efek down-nya. Kalau pakai conditioner cenderung membuatnya mengkilap sehingga karakter yang lebih ke matte, doff, jadi hilang," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini