Sukses

Mendeteksi Kondisi Mobil dari Asap Knalpot

Liputan6.com, Jakarta - Asap yang keluar dari knalpot menjadi pertanda kendararaan Anda sedang tidak dalam kondisi prima. Dan asap yang keluar ini bisa berbeda-beda warnanya.

Karena, warna asap mobil ternyata bisa membantumu untuk mendeteksi masalah yang terjadi pada mobilmu. Apa saja tandanya? Dikutip dari situs resmi Daihatsu, begini penjelasannya.

Asap Warna Putih

Ada dua jenis asap putih, putih dengan asap yang tipis dan lebih tebal. Tak perlu khawatir jika melihat asap putih tipis. Kondisi ini masih bisa dibilang normal, karena terjadi dari hasil penumpukan kotoran dalam aliran pembuangan atau knalpot.

Jika asap putih terlihat tebal dan pekat itu berarti terjadi masalah cukup besar pada mesin. Penyebabnya ada oli yang masuk ke ruang bakar dalam jumlah signifikan. Ini terjadi karena kebocoran pada seal klep atau ring piston sudah parah.

Asap Warna Kebiruan

Jika yang keluar adalah asap warna kebiruan, tandanya ada sedikit oli yang terbakar di dalam mesin.

Penyebabnya kemungkinan ada masalah pada had gasket antara silinder head dengan blok mesin atau baisa disebut blown gasket. Penyebab lainnya adalah katup sil atau ring piston yang telah aus dan oli pun menjadi bocor.

Penyebab lainnya, jika mobil dilengkapi turbo, asap ini menandakan bahwa blower dari turbo mobil harus diganti.

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Asap Warna Abu-Abu

Asap warna ini menandakan katup Positive Crankcase Ventilation (PCV) macet. Penyebabnya mirip dengan asap warna biru, asap warna abu-abu juga disebabkan karena kinerja turbo yang buruk dan juga pembakaran oli yang bocor.

Asap Warna Hitam

Asap knalpot hitam biasanya disebabkan oleh pembakaran bahan bakar tidak sempurna shingga ada sisa pembakaran keluar melalui knalpot.

Kondisi ini sangat berpengaruh terhadap konsumsi BBM yang bisa lebih boros bahkan hingga dua kali lipat dibandingkan kondisi normal dan dapat mengurangi performa mesin.

Apapun warna asap yang keluar dari knalpot mobil, segeralah untuk melakukan pengecekan ke bengkel.

Sumber: Otosia.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Kenali Akrapovic Asli Supaya Enggak Kena Tipu
Artikel Selanjutnya
Ganti Knalpot Racing, Memengaruhi Mesin?