Sukses

Cairan Ini Diklaim Buat Cat Mobil Kinclong Hingga Tahunan

Cairan ini diklaim lebih tahan lama daripada bahan wax atau coating dengan nano ceramic.

Liputan6.com, Jakarta - Perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 juga diikuti sejumlah perusahaan pendukung otomotif, baik mobil maupun sepeda motor.

Nah, dari pantauan Liputan6.com, Selasa (24/4/2018), hadir pula booth yang menawarkan cairan pelindung cat khusus bodi yang disebut Topcoat.

Menurut CEO Topcoat Indonesia, Christopher Sebastian, produk inovatif ini merupakan pelindung cat yang terbuat dari bahan Sapphire Serum, dimana teknik polesnya lebih tahan lama daripada bahan wax atau coating dengan nano ceramic.

“Kalau wax paling lama satu minggu, bahkan wax sekarang bisa hilang 3-4 hari, nano ceramic juga. Nah, bahan coating digunakan dari bahan senyawa kimia dari kaca sapphire berkualitas tinggi dengan proses Nano German Technology,” ujar Christopher di acara IIMS 2018, JIExpo, Kemayoran, Jakarta, Selasa (24/4/2018).

Christoper mengklaim, dengan bahan sapphire serum maka proses perlindungan bersifat permanen terhadap permukaan cat mobil sehingga mampu melindungi, menambah usia pemakaian, hingga mempermudah perawatan.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Dia menjelaskan, material yang dilapisi Topcoat mempunyai sifat super oleophobic, yaitu lapisan tidak mudah tertempel minyak. Termasuk jika kena tetesan minyak saat isi bahan bakar.

Selain itu, bodi mobil yang sudah dilapisi cairan ini juga mampu menghindari noda-noda membekas dari kotoran burung, getah pohon, lumpur dan debu.

“Ada juga super hydrophobic yaitu lapisan permukaan menjadi anti air karena semua jenis cairan akan jatuh seperti air dengan bentuknya bulat, sehingga permukaan akan selalu bebas dan bersih dari air dan jamur,” katanya. Cairan ini juga tahan terhadap hujan ekstrem dan cuaca panas sampai 700 derajat celcius dan tahan sampai 1.000 kali cuci.

Penggunan pelapis cat ini tak hanya untuk kendaraan roda empat atau roda dua, tetapi juga diterapkan untuk kapal, pesawat terbang, furniture, dan konstruksi bangunan.

Bicara soal harga, cairan ajaib ini dijual untuk kendaraan small car sebesar Rp 4,4 juta, medium car mencapai Rp 5,5 juta, luxury car Rp 6,1 juta dan premium car Rp 7,2 juta.

Sedangkan untuk harga sepeda motor terbagi dalam dua kategori, di bawah 600 cc dijual Rp 1,3 juta dan di atas 600 Rp 1,8 juta. Semua harga ini belum termasuk diskon selama IIMS 2018.

“Garansinya selama tiga tahun, dengan syarat setiap enam bulan harus ke bengkel untuk dilakukan maintenance dengan ongkos re-coating sebesar Rp 500 ribu,” tutupnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.