Sukses

Bisikan Honda ke Jokowi Soal Motor Listrik

Liputan6.com, Jakarta Indonesia International Motor Show 2018 bukan sekeda pameran produk. Tapi juga lobi. Misal Astra Honda Motor yang mengutarakan teknologinya kepada Jokowi.

Cukup mengagetkan ketika ternyata Indonesia sudah bisa memakai motor hybrid andaikata Honda PCX Hybrid resmi dipasarkan nantinya.

Namun rupanya Honda bukan cuma bicara hybrid, tetapi motor listriknya. Ini bisa jadi lanjutan setelah mereka sebelumnya memperkenalkan EV Neo di Indonnesia.

Bahkan, soal Honda PCX listrik, President Director PT Astra Honda Motor Toshiyuki Inuma sudah bincang-bincang dengan Presiden Joko Widodo.

"Saat dapat kunjungan dari Presiden Jokowi, saya sudah menjelaskan kepada Pak Jokowi bahwa saat ini kami juga sedang mempelajari PCX electric," kata dia.

Mengenai spesifikasinya, mungkin ini bisa dilihat dari bagaimana Honda merancang bangun Honda PCX Hybrid yang memperhitungkan performa.

"Engine assist tourqe dapat meningkatkan torsi mesin maksimal sampai 20-30 persen. Assist ini beroperasi 30 detik sampai mendapatkan torsi maksimal. Bekerja berdasarkan sudut bukaan gas," kata dia.

Penulis: Dimas Wahyu

Sumber: Otosia.com

2 dari 3 halaman

Honda PCX Hybrid Lokal Segera Diproduksi

Setelah diperkenalkan di gelaran Tokyo Motor Show (TMS) 2017, PT Astra Honda Motor (AHM) sebagai agen pemegang merek (APM) motor Honda di Tanah Air, resmi meluncurkan all new Honda PCX hybrid.

Dijelaskan Johannes Loman, Executive Vice President Director PT AHM, all new Honda PCX hybrid ini bakal mulai diproduksi di Indonesia awal semester kedua tahun ini.

"Sejak TMS 2017, kita sudah mempersiapkan manufaktur dan juga tim engineer kita sehingga siap produksi awal semester kedua," jelas Loman di gelaran IIMS 2018, Kamis (19/4/2018).

Sementara itu, menurut Thomas Wijaya, Direktur Marketing PT AHM, all new Honda PCX hybrid ini sudah bisa dipesan. Namun, pihaknya masih belum memberikan berapa uang tanda jadi yang harus dipersiapkan untuk meminang motor bertenaga bensin dan listrik tersebut.

"Harganya sekitar Rp 40 jutaan, dan akan datang tentunya di semester kedua berbarengan dengan mulai diproduksi," tambah Thomas di tempat yang sama.

Untuk jumlah produksinya, Honda menargetkan mampu memproduksi all new Honda PCX hybrid sebanyak 2.000 unit per tahun. "Kandungan lokalnya sudah cukup banyak, meskipun tidak 100 persen Sekitar 90 persen lah," pungkas Thomas.

3 dari 3 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Knalpot Motor Injeksi Bebas Asap, Mitos atau Fakta?
Artikel Selanjutnya
Pakai Rem Tangan Terlalu Lama Bikin Kampas Rem Copot?