Sukses

Ternyata, Mobil Mewah Lebih Mudah Dicuri Pakai Teknologi Canggih

Liputan6.com, London - Meski disebut mobil mewah dengan berbagai fitur lengkap termasuk soal keamanan, namun pada kenyataannya Mercedes-Benz, BMW, Land Rover hingga Audi menjadi merek mobil yang paling banyak dicuri.

Setidaknya, riset ini didapat dari layanan pelacak Tracker yang dilakukan di negeri Ratu Elizabeth, Inggris, selama 2017 lalu. Demikian dilansir The Sun, Selasa (6/3/2018).

Dari data yang ada, Mercedes-Benz C-Class menjadi mobil mewah yang paling banyak digondol maling pada 2017.

Selama 12 bulan terakhir di 2017, para pencuri bukan hanya modal nekat, tetapi mereka dilengkapi perangkat berteknologi tinggi, sehingga sangat mudah membobol mobil tanpa menggunakan kunci atau memecahkan kaca jendela.

Kepala Hubungan Kepolisian di Inggris, Andy Barrs, menyatakan penjahat saat ini terus melangkah, bahkan selangkah lebih maju dari produsen pada 2017.

"80 persen dari semua kendaraan yang dicuri dan ditemukan oleh Tracker pada tahun 2017 dicuri tanpa kunci pemiliknya, meningkat cukup signifikan dari 66 persen yang dicuri dengan cara ini pada 2016,” ucapnya.

Adapun metode pencurian mobil yang mereka lakukan disebut 'relay attack'. Cara ini memang seperti di film-film aksi. Pencuri hanya mendekati mobil, dan salah seorang pelaku seperti mendapatkan sebuah sinyal hingga seketika akses pintu masuk ke dalam mobil terbuka.

"Kami memiliki kemitraan yang unik dengan pasukan polisi Inggris dan melihat di 2017 teknologi kami membantu petugas untuk melakukan 47 penangkapan," katanya.

Meski tidak disebutkan kerugian dari pencurian secara detail, jumlah mobil mewah yang dicuri dan kembali ke pemililknya meningkat lima persen dari tahun sebelumnya yaitu mencapai.

1 dari 2 halaman

Daftar 10 mobil yang banyak dicuri pada 2017

1. Mercedes-Benz C-Class

2. BMW X5

3. Range Rover Sport

4. Mercedes-Benz E-Class

5. BMW Seri 3

6. Land Rover Discovery

7. Range Rover Autobiography

8. BMW M3

9. VW Golf

10. Audi RS4

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Hentikan Pencurian, Wanita Muda Nekat Melompat ke Kap Mobil
Artikel Selanjutnya
Bak Film Laga, Polisi Kejar dan Tembak Pencuri Mobil yang Kabur