Sukses

Yaris Heykers Tak Ikut Dirombak, Kenapa?

Liputan6.com, Jakarta- New Toyota Yaris resmi dirilis di Indonesia. Hanya saja, dalam peluncuran yang dilakukan di ballroom Kempinsky, Thamrin, Jakarta, Toyota Astra Motor (TAM) tak memajang atau ikut merombak sosok varian lain dari Yaris yaitu Yaris Heykers.

Menanggapi hal tersebut, Vice Presiden TAM, Henry Tanoto angkat bicara. Kata dia, dalam peluncurannya kali ini Toyota memang sengaja tidak menghadirkan pada Yaris Heykers.

"Berdasarkan survei, salah satu alasan Heykers dibeli konsumen karena desainnya yang sporty. Kalau kami lihat  kebutuhan konsumen terhadap hatchback sporty sudah bisa ditangani TRD Sportivo," Henry saat peluncuran new Toyota Yaris, Selasa (20/2/2018).

Kendati demikian, Henry tak menampik jika suatu saat ada kebutuhan pelanggan ketertarikannya untuk Yaris Heykers dirubah maka hal itu bisa saja dipenuhi.

"Tunggu saja perkembangan selanjutnya," ucapnya.

 

1 dari 2 halaman

Data Penjualan Yaris Heykers

Jika melihat data wholesales (penjualan pabrik ke dealer) Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Toyota Yaris Heykers rupanya menjadi salah satu andalan model Yaris di Indonesia.

Sepanjang 2017, Toyota Yaris berhasil terjual 10.750 unit, sedangkan Heykers mampu menyumbangkan penjualan hingga 5.868 unit. Penjualan Yaris Heykers sendiri rata-rata di angka 300-an unit perbulan.

Sekadar informasi, mobil yang didesain dengan ground clearance lebih tinggi dibanding new Yaris itu bukan gen crossover. Bahkan Toyota mengklaim, Heykers masih masuk dalam jenis hatchback dan diposisikan untuk memperkuat Yaris.

Ground clearance Yaris Heykers juga lebih tinggi 35 mm dibandingkan Yaris model biasa menjadi 184 mm. Ini merupakan konsekuensi dari penerapan TRD Suspension (+20) dan ban berprofil 195/55 R16.

Hanya saja untuk jantung pacu, Yaris Heykers menggunakan mesin baru 2NR-FE berkubikasi 1.496 cc dengan teknologi dual VVT-i. Mesin anyar ini menggantikan 1NZ yang dipakai pada Yaris terdahulu.

Jenama Jepang itu mengklaim, mesin baru ini meningkatkan efisiensi hingga 17 persen pada varian transmisi manual. Sementara pada tipe otomatis CVT 7-percepatan, bisa lebih hemat hingga 30 persen.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
New Toyota Yaris Sanggup Rebut Takhta dari Honda Jazz?
Artikel Selanjutnya
Lihat Perubahan pada New Toyota Yaris