Sukses

Rem ABS Xpander Unjuk Kemampuan di Trek Licin, Hasilnya?

Liputan6.com, Bekasi - ko PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengajak sejumlah jurnalis otomotif untuk menguji model small MPV terbarunya Mitsubishi Xpander di Kawasan Industri GIIAC Deltamas, Bekasi beberapa waktu lalu.

Test drive dan test ride yang dilakukan ini termasuk rangkaian acara kunjungan ke pabrik perakitan Xpander.

"Kami mengajak rekan-rekan media untuk merasakan langsung performa dari fitur-fitur terbaru yang dimiliki Xpander, salah satunya kinerja rem ABS dan suspensinya," kata Rifat Sungkar selaku Product Ambassador Mitsubishi Motors Indonesia di lokasi test drive.

Para jurnalis dipersilakan untuk mencoba berbagai varian Xpander yang sudah disediakan dengan pendampingan dari tim Rifat Drive Labs selama sesi pengetesan di jalur yang sudah disediakan.

Liputan6.com berkesempatan mencoba Mitsubishi Xpander Exceed berwarna putih dengan transmisi manual didampingi oleh seorang instruktur dari Rifat Drive Labs, Eko.

 

 

1 dari 3 halaman

Uji Rem ABS

Dimulai dengan trek lurus, masuk gigi 1 hingga 2, dengan kecepatan hampir 40 km/jam, kami melewati area pengereman yang dialasi semacam karpet basah.

"Trek pertama ini untuk menguji kemampuan rem ABS nya. Keempat roda harus masuk lebih dulu ke lintasan yang sudah ditandai, lalu injak rem sedalam mungkin tanpa menginjak kopling," kata Eko saat mendampingi test drive.

Kami bisa merasakan kinerja rem ABS yang boleh dikatakan 'menggigit'. Dan jangan ragu untuk rem sedalam mungkin dalam kondisi jalan basah tanpa menginjak kopling saat kecepatan tinggi karena mobil tidak akan mati.

Setelah trek pengereman yang licin, giliran kinerja suspensi yang diuji melewati trek 'speed bump' yang dipasang berselang kiri dan kanan.

 

2 dari 3 halaman

Tes Suspensi

Xpander memiliki suspensi yang bisa dibilang paling empuk dan paling nyaman di kelasnya. Redaman suspensi sangat baik saat melewati polisi tidur atau jalanan rusak/ bergelombang.

"Xpander empuk sih suspensinya, kalau orang yang baru pertama test drive langsung nyoba ini saya yakin langsung tertarik," ujar Pras, seorang jurnalis yang juga turut menjajal Xpander di trek yang sama.

Selanjutnya, giliran kami melewati trek zig-zag melintasi enam cone berjarak ketat. Di trek ini, bantingannya juga tak terasa saat mobil mengikuti trek yang mengharuskan bergerak ke kiri dan kanan dengan kecepatan tinggi.

Pada lintasan terakhir, kami mencoba trek 'eight circle' selama dua kali putaran.

Dalam trek ini, saya merasakan Mitsubishi Xpander memiliki handling yang mumpuni di kecepatan tinggi saat bermanuver dan secara keseluruhan Xpander stabil dan mantap untuk dikendarai dalam kondisi apapun.

Artikel Selanjutnya
Pakai Knalpot Samping, Ini Spesifikasi KTM RC 250 Terbaru
Artikel Selanjutnya
Truk Axor 2523 R Bidik Sektor Logistik