Sukses

Hilang Kendali, Mobil-Mobil Bersandar di Pembatas Jalan Tol

Liputan6.com, Tennessee - Beredar video yang dipublikasikan oleh akun Instagram @abcworldnewstonight, sebanyak 10 mobil terlibat kecelakaan di jalan raya di daerah Tennessee, Amerika Serikat, Selasa (9/1/2018).

Dari video tersebut tampak enam mobil sudah menumpuk di salah satu tepi jalanan, dan tiga mobil lainnya sudah berhasil menepi masing-masing di tepi jalan yang agak berdekatan dengan keenam mobil lainnya.

Akan tetapi, ada satu mobil yang baru datang dari belakang mereka terlihat kehilangan kendali saat menikung di jalan tersebut. Mobil tersebut berusaha menghindari mobil-mobil lainnya agar tak terjadi tabrakan.

Tampak pengendara mobil tersebut hampir menabrak dinding pembatas jalan sebelum menghindari yang lain. Kondisi jalan raya yang menjadi beku dan licin akibat cuaca dingin membuat mobil-mobil tersebut kehilangan kendali. Kecelakaan tak terhindarkan.

 

1 dari 2 halaman

Sunroof Bakal Dilengkapi dengan Airbag, seperti Apa?

Kasus cedera dalam sebuah kecelakaan mobil, kini sudah berada di hampir semua sudut kendaraan. Meskipun airbag di mobil sudah semakin banyak, sepertinya barang itu tetap kurang untuk melindungi pengemudi ataupun penumpang.

Melansir Autoblog, ditulis Senin (1/1/2018), Hyundai bersama perusahaan pemasok suku cadangnya, Hyundai Mobis, membuat airbag sunroof.

Pengembangan airbag sunroof ini merupakan pionir saat ini. Tujuannnya jelas, untuk melindungi kepala pengemudi atau penumpang dari cedera serius saat kecelakaan di bagian sunroof.

Kantong udara untuk sunroof ini bakal terbuka dari arah depan dalam waktu 0,08 detik saat kecelakaan. Airbag sunroof ini bakal mengempis sesuai sunroof terbuka atau tertutup ketika kecelakaan.

Untuk diketahui, Hyundai bersama Kia dan Genesis memiliki enam dari 15 kendaraan IIHS Top Safety Pick+, mengklaim airbag mengurangi luka yang mengancam nyawa selama pengujian.

Tercatat, perusahaan juga memiliki 11 hak paten atas teknologi airbag sunroof ini.

Belum diketahui pasti, kapan airbag sunroof bakal ditanamkan di kendaraan produksi pabrikan asal Korea Selatan tersebut. Diharapkan, airbag sunroof ini bakal tertanam pertama kali di kendaraan mewah Genesis.