Sukses

Ini Rahasia agar Suhu Kabin Tetap Terjaga

Liputan6.com, Jakarta - Penggunaan penyejuk udara atau air conditioner (AC) pada kabin mobil memang sangat diperlukan. Tak heran, AC menjadi fitur standar yang ada di setiap mobil keluaran terbaru.

Namun tahukah Anda, untuk membuat kabin mobil memiliki suhu yang terjaga, ternyata faktornya bukan karena AC beroperasi dengan baik saja. Ada hal lainnya yang perlu diterapkan. Lantas apakah itu?

 

Menurut situs bengkel AC, Rotary Bintaro, tips mudah yang harus dilakukan, yaitu sebelum melakukan perjalanan Anda dapat menganginkan mobil selama lima menit.

“Bukalah semua kaca mobil dan biarkan udara bersirkulasi dengan bebas agar mobil terhindari dari bau tidak sedap. Setelah 5 menit, Anda bisa menutup semua bagian kaca dan mulai perjalanan panjang,” tulis Rotary Bintaro.

Mereka juga menganjurkan, membuka kaca mobil selama lima menit bisa dilakukan sebelum dan sesudah mengemudi, hal ini dipercaya udara di dalam kabin akan tetap terjaga dengan baik.

 

1 dari 2 halaman

Hindari Pengharum Kabin Berbentuk Gel, Ini Alasannya

Tipe pengharum mobil memang berbeda-beda, ada yang berbentuk liquid (cairan) dan gel. Namun disarankan, pilih pengharum ruangan liquid untuk di dalam mobil Anda.

Pengharum liquid bisa menjadi pilihan jika tak ada pengharum aroma terapi. Pengharum liquid dengan bentuk cair, biasanya disemprot ke seluruh kabin, dan cocok digunakan sebelum bepergian bersama keluarga.

Cara penggunaan cukup mudah, yaitu setelah disemprot kemudian angin-anginkan kabin mobil selama kurang lebih lima menit. Lalu, masuklah ke dalam mobil dan mulailah perjalanan.

Namun seperti dilansir bengkel Rotary Bintaro, ada baiknya tidak menggunakan pengharum bertipe gel dengan bentuk sedikit padat. Mengapa hal itu tidak disarankan?

“Pengharum gel terbuat dari bahan silikon yang terbukti mempercepat proses penguningan di dalam kabin mobil. Jadi, pemakaian pengharum gel itu akan memicu perubahan warna di dalam kabin,” tulis akun Rotary Bintaro.

Tidak hanya itu, bentuk pengharum gel juga tidak ramah di seluruh isi kabin. Sebab, pengharum gel dapat menimbulkan kerak di bagian tertentu dan dapat memicu bau tidak sedap di dalam kabin.

Namun demikian, kabin dengan warna kuning masih bisa dihilangkan menggunakan sampo khusus.

Artikel Selanjutnya
7 Rahasia Mengatasi Insomnia
Artikel Selanjutnya
5 Cara Merawat Kaca Mobil Agar Tetap Kinclong