Sukses

Kaleidoskop 2017: Mitsubishi Xpander, Bintang Terang 2017

Mitsubishi Xpander berhasil menggegerkan dunia otomotif nasional sepanjang tahun 2017.

Liputan6.com, Jakarta Dunia otomotif sepanjang tahun 2017 diwarnai oleh berbagai peluncuran produk baru, baik dari roda empat dan roda dua. Salah satu produk yang ditunggu-tunggu adalah kehadiran Mitsubishi Xpander pada ajang GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show ) 2017.

Bukan tanpa sebab Xpander ditunggu kehadirannya, karena PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) sudah memamerkan versi konsepnya, yaitu XM Concept pada GIIAS 2016 silam. Saat itu, XM Concept disebut sebagai penantang dari Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Nissan Grand Livina, Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga.

Agar harganya dapat bersaing dan terjangkau, fitur dan desain yang dinilai akan melambungkan harga dihilangkan pada model produksi. Salah satunya adalah hilangnya fitur sunroof pada model produksi. "Sementara kalau diproduksi massal, kalau pakai sunroof akan lebih tinggi harganya. Jadi sekarang tidak, tapi mungkin kalau nanti, di masa depan," Imam Choeru Cahya, Head of Mitsubishi Motors Corp (MMC) Sales and Marketing Group KTB, pada Januari 2017.

Berdasarkan data Gaikindo, wholesales tahun 2017, Mitsubishi Xpander mencatatkan angka 1.096 unit pada September, 2.351 unit pada Oktober, dan 4.882 unit pada November. Peraihan tersebut masih di bawah Toyota Avanza yang mencatatkan angka 8.083 unit pada September, 9.449 unit pada Oktober, dan 10.070 unit pada November.

Namun, Mitsubishi Xpander boleh berbangga hati karena sudah melewati wholesales Honda Mobilio yang mencatatkan angka 2.031 unit pada September, 2.325 unit pada Oktober, dan 2.155 unit pada November.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mitsubishi Xpander Terfavorit di GIIAS 2017

Mitsubishi memanfaatkan momentum GIIAS 2017 untuk meluncurkan nama dari LMPV bergaya SUV sekaligus harga resminya. LMPV bernama all new Mitsubishi Xpander tersebut dibanderol mulai dari Rp 189 - 245,3 juta untuk on the road Jakarta. Selama GIIAS berlangsung, Xpander berhasil mengumpulkan SPK lebih dari 5.000 unit. Hingga pertengahan Oktober 2017, Mitsubishi mengklaim SPK sudah mencapai 27.000 unit.

Selain mampu menjaring ribuan SPK, kendaraan terbaru pabrikan berlambang tiga berlian ini juga menjadi paling favorit pilihan pengunjung GIIAS 2017. Mengalahkan Mercedes-Benz AMG GTR dan Honda Civic hatchback, Mitsubishi Xpander berhasil menjadi nomor satu mobil favorit pengunjung pameran otomotif tahunan, yang diselenggarakan di ICE, BSD, Tangerang, 10 sampai 20 Agustus 2017.

Untuk performa, Mitsubishi Xpander dipersenjatai mesin DOHC MIVEC 16 valve 1.499 cc dengan kompresi rasio 10.5:1. Dengan unit tersebut, mobil ini mampu menghasilkan daya hingga 103,2 Tk pada 6000 rpm, dan torsi maksimum sebesar 141 Nm pada 4.000 rpm.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

3 dari 3 halaman

Idle Up Mitsubishi Xpander Bermasalah

 Mitsubishi Xpander mendapatkan keluhan terkait putaran mesin atau rpm yang tiba-tiba meninggi (idle up). Meskipun masih tergolong normal, namun hal tersebut bisa saja berpotensi membahayakan.

Dalam laman Facebook fanpage Xpander Mitsubishi Owner Club Indonesia (X-MOC), Ketua Umum X-MOC yakni Didi Zakaria, telah memberikan pernyataan jika sudah dihubungi oleh pihak PT MMKSI, terkait masalah tersebut.

Dalam postingan tersebut, Didi memberikan penjelasan:

X-MOC NEWS!

Barusan dihubungi pak Budi Daulay dari MMKSI, issue idle up sudah jadi concern Direksi MMKSI dan MMKI, dan akan dilaporkan kepada MMC (Mitsubishi Motors Corporation) Jepang, sebagai perancang disain mobil dan engineering factors serta programming dari Mitsubishi Xpander;

"memang semuanya adalah masalah software yang ditanamkan pada ECU Mitsubishi Xpander, biar mereka (MMC Jepang) yang akan melakukan reprogram dari software pada ECU Mitsubishi Xpander"!

HANYA X-MOC YANG BISA BEGINI!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.