Sukses

Mobil Balap Jadul Ini Banderolnya Selangit

Mobil balap jadul Peugeot L45 Grand Prix Two-Seater buatan 1914 disebut memiliki historis dari para legenda balap di tahun 1916.

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah mobil balap jadul keluaran 1914, Peugeot L45 Grand Prix Two-Seater disebut memiliki harga selangit. Harga mobil balap tua ini hampir mirip dengan Ferrari F2001 milik Michael Schumacher.

Dikutip dari Carscoops, Selasa (21/11/2017), melalui lelang di Bonhams Auction, Los Angeles, Amerika Serikat Peugeot L45 Grand Prix telah terjual dengan banderol US$ 7,26 juta (sekitar Rp 97 miliar), di acara lelang Bonhams Auction di Los Angeles, Amerika Serikat (AS).

Tingginya banderol mobil ini tak lain karena menjadi salah satu ikon Peugeot. Selain itu nilai historis mobil ini sangat lekat berkat sang legenda balap asal Italia, Dario Resta.

Di masanya, dia menjadi pembalap yang diperhitungkan, karena meraih kemenangan di balapan Indianapolis 500 Mile Race pada 1916.

Selain Dario Resta, pembalap asal AS, Ralph Mulford juga mengendarai mobil tersebut dan menempati posisi ketiga.

Mahalnya mobil ini juga karena memiliki chassis dan mesin nomor satu sehingga menjadi faktor utama yang membuat harga mobil tersebut melonjak tinggi.

Sedikit mengulas di awal 1900-an, pembuat mobil Prancis mendominasi jenis motorsport. Hingga akhirnya, pada 1913 pembalap asal Prancis, Jules Goux mengklaim kemenangannya di Indianapolis endurance race (event ketahanan) berkat menggunakan Peugeot L45 Grand Prix Two-Seater.

Sekadar informasi, Peugeot L45 Grand Prix Two-Seater telah dilengkapi mesin 3.0 liter pada 1916, dan dirombak menjadi mesin 4.5 liter empat silinder dengan camshaft overhead ganda, empat katup per silinder, sehingga mampu memuntahkan daya hingga 112 Tk pada 2.800 rpm. 

Mobil ini telah dilengkapi rem drum mekanis di keempat sudutnya, serta semi-elliptical leaf spring suspension pada as roda depan dan belakang.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mobil Balap Bekas Michael Schumacer Tembus Hingga Rp 100 Miliar

Michael Schumacher menjadi salah satu pembalap Formula One (F1) tersukses di era tahun 2000-an. Kehebatan Schumi membetot jet darat di lintasan itu juga semakin menaikan pamor Ferrari di mata dunia.

Bahkan hal itu pun membuat mobil balap F1 Ferrari F2001 ikut terkerek naik menjadi yang termahal.

Bagaimana tidak, pekan lalu, mobil balap yang mengantarkan Schumacer menjadi juara Gran Prix Monaco di 2001, telah berhasil terjual dengan angka US$ 7,5 juta atau setara Rp 100 miliar, Demikian dilansir Carscoops, Senin (20/11/2017).

Acara lelang yang digelar di rumah lelang RM Sotheby, New York, Amerika Serikat, Kamis (16/11/2017) waktu setempat itu, disebut berhasil membuat seorang kolektor yang tidak disebutkan namanya mengajukan penawaran tertinggi.

Alhasil, mobil Ferrari yang sempat membuat Schumacher meraih tujuh gelar dunia itu memecahkan rekor pelelangan untuk sebuah mobil F1 di era modern.

Pasalnya, mobil Ferrari tersebut sempat diprediksi hanya akan terjual sekitar US$ 4-5 juta dolar atau sekitar Rp 54-67 miliar.

Adapun saat ini Schumi tak lagi terjun di balap F1 pasca cedera kepala serius setelah kecelakaan ski di 2013. Mobil berlambang kuda jingkrak ini cukup bersejarah, sebab, menemani sang pembalap meraih tujuh gelar dan dan 91 kemenangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.