Sukses

Merek Mobil Ini Paling Berharga, MINI Kalahkan Ferrari?

Berada di peringkat 87, pabrikan ini berada tepat di depan pabrikan supercar tersohor asal Italia, Ferrari.

Liputan6.com, Jakarta - Biasanya, pabrikan mobil gemar menggunakan hasil penjualan untuk menentukan kesuksesan mereka. Namun, hal tersebut ternyata tidak selalu sama ketika menentukan nilai merek paling berharga di dunia.

Sementara itu, dari data yang dikeluarkan Interbrand, merek yang paling berharga di dunia, didominasi oleh perusahaan teknologi, seperti Apple, Google, dan Microsoft. Sedangkan produsen mobil terbesar, Toyota, masuk di urutan ke-7 dari 100 daftar produsen paling berharga di dunia.

Menariknya, seperti mengutip Carbuzz, Senin (2/10/2017), merek asal Inggris, MINI, kini berada di peringkat 87, dan berada tepat di depan pabrikan supercar tersohor asal Italia, Ferrari.

Saat ini, MINI memiliki brand value atau nilai perusahaan mencapai US$ 5,11 miliar atau setara dengan Rp 67,6 triliun. Sedangkan untuk Ferrari, hanya memiliki nilai perusahaan sebesar US$4,87 miliar atau setara dengan Rp 64,4 triliun.

Peringkat merek paling berharga ini tidak hanya didasarkan pada volume penjualan, tapi juga seberapa besar pengaruh konsumen terhadap keputusan dan penetapan harga.

"Kami memiliki ketertarikan yang tulus terhadap kehidupan, minat, dan hasrat orang. Kami ingin melakukan lebih dari sekadar mengirim pesan ke dunia. Kami juga ingin mendengar dan masuk ke dalam dialog, otentik dengan seniman muda urban yang berusaha untuk menjalani hidup yang memenuhi syarat dan memuaskan, "jelas VP senior Mini, Sebastian Mackensen.

Setelah Brexit, MINI bahkan mampu menjual kendaraan yang cukup besar di tahun ini. Total penjualan Mini dalam delapan bulan pertama naik hingga 3,1 persen, dan tahun ke tahun menjadi 230.925 unit.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Merek otomotif

hasil survei yang dilakukan Interbrand setidaknya Toyota memiliki brand value atau nilai perusahaan mencapai hingga US$ 50,29 miliar atau Rp 663 triliun. Kendati begitu, nilai Toyota disebutkan turun sembilan persen dibandingkan tahun lalu.

Adapun merek otomotif kedua di bawah Toyota, yakni merek mobil asal Jerman, yaitu Mercedes-Benz (9), dengan nilai merek perusahaan sebesar US$ 47,82 miliar atau sekitar Rp 630 triliun. Angka ini naik 10 persen dibandingkan tahun lalu.

Posisi ketiga Best Brand sektor otomotif ditempati BMW (13) dengan nilai perusahaan sebesar US$ 41,521 miliar atau Rp 547 triliun. Angka ini lebih besar dibandingkan Honda (20) dengan nilai US$ 22,696 miliar atau sekitar Rp 299 tirliun.

Untuk urutan berikutnya terdapat Ford (33), lalu Hyundai (35), Audi (38), Nissan (39), Volkswagen (40), Porsche (48), KIA (69), Land Rover (73), Harley Davidson (77), MINI (87), Ferrrai (88), dan Tesla (98).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.