Sukses

Bikin Mobil Listrik, Bos Penyedot Debu Tantang Tesla

Liputan6.com, London - Seorang pengusaha ternama asal Inggris, yang terkenal dengan produk Vacuum Cleaners, James Dyson, mengatakan perusahaannya tengah mengembangkan mobil listrik.

Dilansir The Guardian, Rabu (27/9), miliader kelahiran Cromer, Norfolk, Inggris 70 tahun lalu itu mengaku mobil listriknya akan dijual mulai 2020 mendatang.

Dia menyebutkan, saat ini perusahaannya telah mempelajari dua jenis baterai yang berbeda. Namun memiliki daya lebih besar dan efisien daripada mobil listrik yang ada saat ini.

“Tunggu dan lihat nanti seperti apa. Kami tidak menggunakan sasis yang ada, kami mulai dari nol. Apa yang kita lakukan cukup radikal,” ungkapnya.

Tidak disebutkan berapa harga untuk membeli mobil tersebut. Namun Dyson menyatakan, ada baiknya konsumen mengumpulkan banyak uang sebagai persiapan.

Sebab, mobil yang dibuatnya bukanlah murahan karena akan bersaing dengan mobil karya Elon Musk, Tesla. Namun demikian Dyson menuturkan tak akan membuat mobil sport.

Pria yang sempat menempuh pendidikan di Royal College of Art in London itu juga mengklaim pengembangan mobil listriknya telah dilakukan sejak 2015 dan dikerjakan oleh 400 tenaga ahli untuk mengembangkan mobil listrik tersebut.

Mega proyek ini diperkirakan dapat menghabiskan dana hingga 2,5 Miliar Pound Sterling atau sekitar Rp 329 triliun.

Mobil listrik buatan Dyson dikerjakan di Hullavington, Malmesbury, Wiltshire, Inggris.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

2 dari 2 halaman

Hammer H1 Listrik Arnold Schwarzenegger

Aktor dan mantan Gubernur California, Arnold Schwarzenegger, kembali mewujudkan mimpinya menjadi kenyataan. Hal ini lantaran dirinya mendapatkan sebuah Hammer H1 berdaya listrik.

Dengan desain khas persegi yang mampu melaju di jalur off road maupun on road ini, Hammer H1 listrik ini diklaim menjadi yang pertama di dunia.

Mobil spesial ini dirakit hasil rancangan perusahaan asal Austria, Kreisel Electric, dalam waktu sekitar dua bulan.

"Kreisel Electric telah merubah Mercy G Class (menjadi mobil lsitrik) pada musim dingin lalu, dan sekarang Hummer (menjadi mobil listrik). Jika Kreisel mempertahankannya (membuat kendaraan listrik), saya akan segera bisa terbang ke sini dari Los Angeles dengan pesawat terbang berdaya listrik," ujar Schwarzenegger, demikian dilansir Autoevolution, Kamis (21/9/2017).

Seperti diketahui, mobil ini memiliki bobot hingga 3.300 kg dan telah menggunakan dua motor listrik yang terpasang di masing-masing as roda.

Hammer H1 listrik ini telah dibenamkan baterai lithium-ion berdaya 100 kWh yang secara total menghasilkan daya hingga 483 Tk dan mampu dipacu dengan kecepatan 120 kilometer per jam, hingga jarak tempuh 300 km.