Sukses

Presdir Chevrolet Indonesia Akhiri Tugas Usai 20 Tahun Gabung

General Motor menujuk Ian Nicholls sebagai President GM South East Asia, efektif mulai 1 September.

Liputan6.com, Jakarta - Perusahaan otomotif asal Amerika Serikat, General Motors, merombak struktur bisnis terbarunya yang sepenuhnya akan terintegrasi di Asia Tenggara. Hal ini dilakukan GM agar lebih fokus pada pelanggan meningkatkan penjualan dan meningkatkan profitabilitas merek Chevrolet.

Menurut GM Executive Vice President and President of GM International Stefan Jacoby, perombakan ini dilakukan seiring dengan terjadinya perubahan pada industri secara berkesinambungan, sehingga mentransformasi bisnis GM, sebagai perusahaan yang lebih fokus dan disiplin.

“Secara global, kami berada di pasar yang tepat untuk mendorong profitabilitas, memperkuat kinerja bisnis dan memanfaatkan peluang pertumbuhan jangka panjang, termasuk di kawasan Asia Tenggara. Saat ini kami mengoptimalkan kegiatan operasional kami untuk lebih meningkatkan daya saing dan efisiensi,” ungkap Stefan dalam keterangan tertulis, Jumat (25/8/2017).

Untuk itu General Motor menujuk Ian Nicholls sebagai President GM South East Asia, efektif mulai 1 September. Ian telah bergabung dengan GM selama tiga dekade, maka pengalamannya yang sangat luas akan melakukan ubahan dalam hal product planning, sales dan marketing.

Setelah 20 tahun bergabung di GM, Presiden Direktur General Motor Indonesia Gaurav Gupta, mengakhiri jabatannya dari Chevrolet Indonesia. "Saya mengucapkan terima kasih kepada Gaurav atas kontribusinya yang besar terhadap GM di kawasan ini, khususnya di Indonesia,” ucap Stefan.

Stefan menyatakan, Gaurav memiliki inovasi yang baik, karena sebelumnya di Vietnam, dia melakukan transformasi bisnis Chevrolet secara nyata dengan keberhasilan dalam peluncuran kendaraan-kendaraan model baru, restrukturisasi jaringan dealer dan penguatan brand.

"Saya berharap ia sukses dalam karier masa depannya," harapnya.

Simak juga video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Strategi Baru di Asia Tenggara

Dengan diangkatnya Nicholls sebagai President GM South East Asia, maka dia dipercaya dapat melakukan perubahan dengan pengalaman sebagai Global Segment Director untuk truk dan pikap di GM Amerika Serikat (AS).

Bahkan, saat ini ia masih menjabat sebagai President and Managing Director GM Sub-Saharan Africa. 

Menurut Stefan, Ian adalah pemimpin global yang benar-benar berpengalaman. Karena itu, di bawah kepemimpinan Ian, GM akan melakukan konsolidasi dan menyederhanakan struktur bisnis guna memperkuat fokus kepada pelanggan, memperkuat merek Chevrolet dan meningkatkan penjualan.

“Dengan satu pimpinan regional menggantikan empat managing director dan sebuah tim kepemimpinan baru, Ian akan menerapkan struktur yang lebih ramping, sangat fokus pada bisnis dan membentang dari Thailand, Indonesia, Vietnam sampai dengan pasar-pasar distributor di bawah satu visi regional yang strategis,” jelasnya.

“Asia Tenggara merupakan pasar yang penting bagi GM. Kami memproduksi berbagai produk di kawasan ini, termasuk pikap yang memperoleh penghargaan dan SUV di pabrik kami di Rayong, Thailand. Chevrolet Colorado dan Trailblazer sangat penting untuk pasar ini dan juga untuk kebutuhan ekspor,” tambahnya.

Sementara itu Ian menerangkan, dengan struktur bisnis baru, maka hal itu akan terkonsolidasi dan memungkinkan GM memanfaatkan kemampuan regional untuk meningkatkan efisiensi, mempercepat proses pengambilan keputusan dan mengurangi birokrasi.

“Ini juga akan semakin mempertajam fokus kami pada inovasi untuk memberikan produk dan layanan terbaik serta menciptakan bisnis yang sepenuhnya kompetitif secara regional. Dengan basis produksi yang kuat, penerimaan pelanggan yang positif terhadap produk-produk kami di seluruh wilayah dan bisnis ekspor yang terus berkembang, kami berada pada posisi yang kuat guna memanfaatkan peluang bisnis di Asia Tenggara," ungkap Ian.

Perombakan jabatan di tubuh GM juga akan dialami oleh Sumito Ishii, yang saat ini menjabat sebagai Managing Director GM Vietnam dan pejabat sementara dari Managing Director GM Thailand dan Chevrolet Sales Thailand, akan menjadi Vice President Sales, Service and Marketing (VSSM) untuk GM Southeast Asia.

Ia akan membantu Ian Nicholls dengan kegiatan supervisi tim penjualan, pemasaran dan purna jual di Thailand, Indonesia dan Vietnam. Ia juga akan mengawasi kegiatan distributor GM yang berada di pasar Asia Tenggara, di mana GM beroperasi dengan para mitra lokal (Brunei, Kamboja, Fiji, Laos, Malaysia, Mongolia, Myanmar, Kaledonia Baru, Filipina, Singapura, Tahiti dan Vanuatu).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.