Sukses

Helm Jeruk Pamelo, Andalan Teknologi Masa Depan

Teknologi keselamatan semakin maju, termasuk di dunia otomotif. Menariknya ada pula yang mengambil inspirasi dari alam.

Liputan6.com, Munich - Teknologi keselamatan semakin maju, termasuk di dunia otomotif. Menariknya ada pula yang mengambil inspirasi dari alam.

Salah satunya adalah apa yang dilakukan oleh BMW Group. Baru-baru ini, pekerja di berbagai fasilitas produksi di Jerman telah sepakat untuk membuat alat pelindung yang terinspirasi dari alam.

Melansir carscoops.com, Sabtu (1/7/2017), teknologi yang dijuluki Bio-Inspired Safety Systems (BISS) ini sebetulnya telah diusahakan selama tiga tahun terakhir oleh sebuah konsorsium, termasuk di dalamnya BMW, Adidas, dan sejumlah universitas di Jerman.

Dikatakan, BISS mengambil inspirasi khusus dari Pomelo, anggota keluarga buah jeruk. Ia jadi rujukan karena sifatnya yang bisa tidak pecah atau rusak meskipun jatuh dari tempat yang tinggi.

Selain itu, proyek itu juga sedang menyelidiki beberapa ikan dan reptil, termasuk alat pelindung yang terdapat di tubuh aligator.

Hasil dari riset ini adalah beberapa purwarupa, termasuk helm. Diprediksi helm ini beratnya lebih ringan 20 persen, tetapi lebih keras dan stabil daripada yang ada saat ini.

BMW juga yakin teknologi ini bisa dipakai di sarung tangan dan pelindung lain yang bisa dipakai pekerja pabrik untuk menghindari dari kecelakaan kerja.

Sayangnya tidak dikatakan kapan persisnya teknologi ini bakal diproduksi massal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.