Sukses

Berapa Ongkos Kirim Sepeda Motor ke Kampung Halaman?

Liputan6.com, Jakarta Jasa ekspedisi pengiriman sepeda motor jelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri mengalami peningkatan hingga 100 persen. Hal ini pun dialami PT Lintas Nusantara Perdana yang merupakan perusahaan ekspedisi muatan kereta api ekspres.

Menurut pegawai PT Lintas Nusantara Perdana Toto Aryanto, ongkos pengiriman sepeda motor berbeda-beda. Selain kota yang dituju, perbedaan harga juga dilihat dari jenis dan dimensi sepeda motor. Selain itu, kapasitas mesin juga mempengaruhi.

"Kalau bebek dan matik itu harganya sama. Tapi kalau sudah skuter kaya Vespa, Yamaha NMax dan jenis sport, itu pasti beda-beda," jelas Toto saat ditemui Liputan6.com, di Jalan Bungur Raya, Senen, Jakarta Pusat, Rabu (24/5/2017).

Untuk motor bebek atau matik, harga jasa pengiriman antara lain Rp 350 ribu untuk Jawa Tengah, Rp 450 ribu ke wilayah Jawa Timur, Rp 750 ribu dengan tujuan bali.

Sedangkan untuk jenis skuter Vespa dan Yamaha NMax, rata-rata dibanderol Rp 450 ribu wilayah Jawa Tengah, Rp 550 ribu Jawa Timur, dan Rp 850 ribu tujuan Bali.

Sementata untuk jenis sepeda motor sport 250 cc tarif yang dipatok untuk wilayah Jawa Tengah Rp 650 ribu, Jawa Timur Rp 800 ribu, sedangkan Bali mencapai Rp 1,3 juta.

Kalau sepeda motor sport dengan cc di atas 250 cc, atau jenis motor gede, harganya bisa mulai Rp 1,3 juta sampai Rp 4 jutaan, tergantung jarak.

"Biasanya harga bisa nambah Rp 50-100 ribu kalau jaraknya dekat dengan perbatasan. Jadi agak lebih jauh," ujarnya