Sukses

Mercy Seperti Milik Raja Salman Bisa Dibeli di Indonesia, Berapa?

Liputan6.com, Jakarta - Kedatangan Raja Salman bin Abdulaziz Al-Saud ke Indonesia beberapa waktu lalu menjadi sorotan. Tak terkecuali mobil yang digunakan Sang Penjaga Dua Kota Suci bagi umat Islam, yakni Mercedes-Maybach S600 Guard.

Mobil milik Raja Arab Saudi tersebut terlihat sangat elegan. Dengan balutan warna hitam, menambah kesan istimewa.

Selain terlihat keren, mobil ini juga memiliki system keamanan tingkat tinggi. Bodi, kaca, hingga ban Mercedes-Maybach S600 Guard semuanya anti peluru dan juga granat.

Jika bodi dibalut material baja, maka lapisan jendela telah dipasang polycarbonate dengan sangat tebal.

Selain itu, meski ban masih berwarna hitam layaknya ban pada umumnya, namun jika terkena paku atau ranjau, ban tidak akan langsung kempes. Sebaliknya mobil tetap melaju hingga jarak 60 kilometer tanpa tekanan udara.

Sontak saja, kehadiran Raja Salman itu menambah pengetahun baru bagi kalangan masyrakat, khususnya di Indonesia akan mobil mewah dengan tingkat keamanan tinggi.

Menurut Deputy Director Sales Operation PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) Kariyanto Hardjosoemarto, pada dasarnya Mercedes-Indonesia menjual Mercy dengan tingkat keamanan ekstra untuk masyarakat biasa di Tanah Air. Termasuk Mercedes-Maybach S600 Guard seperti milik Raja Salman.

“Kalau mau costumer pesan itu, bisa. Maybach itu kami pasarkan disini, kalau memang pesan full guard itu by order. Tidak dibatasi (kuoata tiap negara) semua bisa, “ ucap Kariyanto saat ditemui di kawasan SCBD, Sudirman, Jakarta, Jumat (7/4/2017).

Lebih lanjut Kariyanto mengatakan, untuk menggunakan perangkat tambahan ekstra keamanan tingkat tinggi, tentu harganya akan semakin mahal.

“Apalagi kalau Mercedes-Maycbach S600 Pullman Guard, itu lebih mahal lagi, indennya bisa lebih lama lagi. Karena tergantung beberapa pilihannya seperti VR berapa, kadarnya berapa,” ungkap.

Kariyanto menyatakan, jika Mercedes-Maycbach S600 Pullman Guard menggunakan fitur ekstra dengan berbagai fitur keamanan lengkap, maka harganya di atas Rp 18 miliar.

2 dari 2 halaman

Next

Wajib Antre

Konsumen harus ekstra sabar untuk membeli Mercy dengan pelengkap keamanan tinggi. Sebab, untuk mendapatkanya harus inden dengan jangka waktu 3-12 bulan. Itu pun tergantung keinginan konsumen.

Mobil dengan keamanan tinggi memang semakin dicari konsumen. Tak hanya di Indonesia berbagai negara lain baik itu pejabat tinggi dari kalangan pemerintah atau perorangan seperti pengusaha, saat ini lebih menyukai mobil dengan keamanan ekstra.

Alasannya jelas, meski dibanderol mahal, namun mereka bisa merasa aman, khususnya dari ancaman tindak kejahatan atau musuh dalam dunia politik, ataupun bisnis.

Kari menuturkan, untuk membuat mobil dengan segudang fitur keamanan kelas wahid harus dilakukan inden.

“Biasaya itu yang mau beli memang by order. Jadi nanti kami submit ke Jerman. Nanti dikasih nomor urutan. Karena kalau untuk yang mobil kendaran berat itu dibuatnya terpusat di sana (Jerman). Jadi seluruh dunia pesan ke sana, nanti mereka yang alokasikan,” ungkap Kariyanto.

Kata Kariyanto, mobil seperti Mercedes S600 Guard atau Maybach S600 Guard sediktinya telah dibeli konsumen di Indonesia dengan jumlah sekitar 10 unit.

“Belinya memang di Jakarta, cuma kalau dipakainya saya tidak tahu. Kalau Mercedes Maycbah S600 Pullman Guard itu baru bisa ada tahun 2018 mendatang, itu baru dibuat lagi soalnya,” tutupnya.