Sukses

Lambretta Produksi Motor di Thailand, Masuk Indonesia?

Pabrikan motor ikonik Lambretta, Scomadi Worldwide, resmi membuka pabrik di Thailand. Mereka juga akan berjualan di Indonesia.

Liputan6.com, Bangkok - Pabrikan pembuat sepeda motor ikonik Lambretta, Scomadi Worldwide, resmi membuka pabrik di Thailand. Pabrik ini dioperasikan atas kerja sama dengan mitra lokal bernama Scomadi Thailand.

Perusahaan patungan yang diberi nama Marin Engineering ini akan memproduksi Lambretta di wilayah bernama Samut Prakan, 30 kilometer dari ibukota Bangkok. Demikian seperti yang dilaporkan paultan.org, Selasa (28/2/2017).

Sebelumnya, mitra Scomadi asal Tiongkok, ketahuan memproduksi sepeda motor yang hampir mirip dengan Lambretta. Motor imitasi ini kemudian diberi nama Royalloy, dan diekspor ke lebih dari 20 negara, termasuk ke Thailand.

Scomadi merasa kecewa dengan ini. Mereka pun melakukan gugatan dan menghentikan kerja sama. Mereka bergerak cepat dengan menggandeng mitra lokal Thailand ini.

Menurut Scomadi, ulah rekan mereka dari Tiongkok ini membuat penjualan melorot, hanya sebanyak 8.900 unit saja di seluruh dunia tahun lalu.

Yang menarik, disebutkan pula bahwa perusahaan lain bernama Scomadi Asia Pasific telah didirikan. Perusahaan ini akan bertanggung jawab untuk mendistribusikan Lambretta di wilayah itu, termasuk Filipina, Vietnam, Jepang, dan Indonesia.

Jika masuk ke sini, tentu pasar motor-motor ikonik semakin ramai. Sebelumnya telah ada Piaggio serta Peugeot yang berkontestasi.

Sejauh ini, produk-produk Lambretta diimpor utuh (CBU) oleh Probike Motor Indonesia. Ada dua model yang dijajakan, Lambretta LN 150 dan LN 125.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini